Kamu Takut Badut? Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnya…

Kamu Takut Badut? Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnya…

Film It Chapter 2 udah tayang di bioskop kesayangan kita semua. Buat pencinta horor sih udah pasti nontong dong? Tapi, kalo kamu termasuk takut badut, udah pasti nggak mau nonton. Boro-boro nonton dengan konsentrasi penuh sepanjang film, ngeliat posternya aja udah ngeri duluan. 

Sebenernya, badut adalah sosok penghibur dengan makeup tebal, wajah putih, hidung merah, rambut megar warna-warni, plus pake baju aneh. Buat sebagian orang, penamapakan badut ya gitu-gitu aja, tapi kalo kamu takut, badut bakal kelihatan super serem, aneh, dan keseluruhan penampilannya bikin kamu pengen kabur jauh-jauh.

Kok bisa sih orang takut badut?

Pennywise (screengeek.net)

Orang yang takut badut disebut coulrophobia. Mereka bakalan ketakutan setengah mati, lemes, mual pengen muntah, keringet dingin, pokoknya nggak bisa banget deh ngeliat yang namanya badut, mau itu badut beneran, film, patung, bahkan cuma gambar sekalipun. 

Kecemasan yang dialamin sama orang dengan coulrophobia tergolong ekstrem sih. Biasanya, ini terjadi karena ada pengalaman buruk sama badut, misalnya pernah ditakut-takutin, nonton film badut jahat, atau memang udah takut aja sama penampilannya. 

Aktor Johnny Depp juga ngakunya takut badut lho. Katanya, waktu dia kecil pernah mimpi buruk soal badut. Di mimpi, si om badut ngeliatin Johnny sambil tersenyum. Bagi dia, badut tuh aneh banget, senyumnya bikin serem karena dia nggak bisa bedain apakah itu senyum lagi senang, atau kayak lagi mau gigit mukanya.

Wah, kebayang nggak nih ketemu badut kayak gini? (bbc.com)

Sebelum Pennywise dalam film IT, badut-badut lain juga pernah ada dalam film horor kaya  Poltergeist (1982) dan Killer Klowns from Outer Space (1988). Kalo anak kecil nonton film ini, wajar aja sih mereka bakalan takut dan ngeliat badut dengan berbeda. Boro-boro lucu deh, yang ada malah super creepy! 

Kenapa orang bisa takut badut mungkin bisa dijelaskan oleh teori uncanny valley yang merujuk pada hal-hal yang keliatannya kayak manusia tapi enggak sepenuhnya juga. Ya kayak badut. Kalo dilihat dari bentuk tubuhnya, punya kaki, tangan, mata, mulut, hidung, kepala, rambut, ya memang kayak manusia, tapi…. beda? Hal itulah yang bikin manusia jadi terganggu karena mereka kayak nanggung gitu buat jad manusia pada umumnya. 

Sigmund Freud pertama kalinya membuat hipotesis ini tahun 1919 dalam tulisan berjudul “The Uncanny” yang ngejelasin kalo manusia bisa takut sama sesuatu yang keliatan familier, tapi pada saat yang sama kayak asing.

Ci...luk… ba (independent.co.uk)

Selain uncanny valley, dalam dunia psikologi, kita juga mengenal pola. Meski badut sama-sama punya kaki, tangan, dan fisik yang sebagian besar mirip manusia biasa, tapi dia juga keliatan aneh. Misalnya, dia selalu tersenyum. Seringkali kita memperhatikan manusia lain, kok nggak ada ya yang selalu terus menerus senyum.

 Makanya, badut dianggap aneh dan menakutkan. Belum lagi, beda banget sama manusia, senyuman badut tuh nggak bisa ditebak, begitu juga dengan ekspresi asli di baliknya. Jadinya, banyak yang bayangin kalo di balik senyuman badut, ‘sesuatu’ di dalamnya malah berekspresi sebaliknya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"