Kelahiran Michelangelo Buonarroti, Seniman Besar Era Renaissance

Kelahiran Michelangelo Buonarroti, Seniman Besar Era Renaissance

Kelahiran Michelangelo Buonarroti tanggal 6 Maret 1475, Caprese, Republik Florence, Italia. Seniman besar ini meninggal 18 Februari 1564 di Roma. Seorang pematung Renaissance Italia, pelukis, arsitek, dan penyair.

Kelahiran Michelangelo Buonarroti membuat perubahan besar pada dunia kesenian Barat.

Kelahiran Michelangelo Buonarroti

Kelahiran Michelangelo Buonarroti dianggap sebagai salah satu seniman terhebat sepanjang masa. Sejumlah karyanya dalam seni lukis, patung, dan arsitektur sangat terkenal.

Kelahiran Michelangelo Buonarroti (wetheitalians.com)

Sejak kelahiran Michelangelo Buonarroti, karyanya yang monumental salah satunya terpasang di langit-langit Kapel Sistine, Vatikan. Seni patung yang digeluti Michelangelo saat itu gak popular. Orang-orang terbiasa dengan karya seni dua dimensia, seperti lukisan.

Efek samping dari ketenaran Michelangelo di masa hidupnya adalah bahwa karirnya didokumentasikan lebih lengkap daripada artis mana pun pada masa itu atau sebelumnya. Dia adalah seniman Barat pertama yang biografinya diterbitkan ketika dia masih hidup. Bahkan dua sekaligus.

Kelahiran Michelangelo Buonarroti yang terkenal membuat banyak barang-barangnya disimpan. Seperti ratusan surat, sketsa, dan puisi.

Kelahiran Michelangelo Buonarroti berada di keluarga bangsawan kecil di Florence. Tapi pada saat dia lahir, Michelangelo Buonarroti kehilangan warisan dan statusnya. Ayahnya hanya memiliki pekerjaan tidak tetap di pemerintahan.

Karya Michelangelo Buonarroti Pieta (artsy.net)

Michelangelo menjadi murid yang relatif terlambat, pada usia 13 tahun. Setelah keadaan keluarganya membaik dan bisa sekolah. Kelahiran Michelangelo Buonarroti sebagai seniman dimulai dari belajar seni kepada Domenico Ghirlandaio.

Seharusnya dia belajar selama tiga tahun, tapi dia pergi dalam waktu satu tahun. Setelah Condivi mengatakan tidak ada lagi yang perlu dipelajari. Michelangelo Buonarroti adalah seorang seniman yang sangat berbakat.

Bakat seninya yang luar biasa membuat pemimpian Republik Florence, Lorenzo de Medici tertarik dan membawa Michelangelo bersamanya. Selama dua tahun sejak 1490, Michelangelo tinggal di Istana Medici dan berguru para pematung Bertoldo di Giovanni.

Kelahiran Michelangelo Buonarroti sebagai seniman besar juga dimulai ketika di Bologna ia disewa untuk menggantikan seorang pematung yang baru meninggal. Menyelesaikan proyek besar, makam dan tempat suci St. Dominic (1494-95).



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"