Usia Anak Boleh Belajar Berenang dan Tips untuk Orangtua

Usia Anak Boleh Belajar Berenang dan Tips untuk Orangtua

Anak-anak senang dengan olahraga berenang. Orangtua harus memperhatikan usia anak boleh berenang. Seperti diketahui belum lama ini anak artis Tamara Tyasmara tenggelam ketika sedang berenang di kolam renang. Orangtua juga tidak bisa sembarangan meminta anaknya untuk berenang karena banyak hal yang diperhatian.

Menurut American Academy of Pediatrics atau AAP menjelaskan jika minimal anak berenang saat usianya sudah genap 1 tahun. Apabila anak usianya di bawah 1 tahun, orangtua disarankan untuk tidak mencoba-coba karena dipengaruhi oleh kepala bayi yang belum benar-benar kuat masuk ke dalam air dan belajar untuk bernapas di air.

Tentu saat usia anak 1 tahun bukan berarti anak bisa langsung diajarkan berenang. Orangtua bisa mulai memperkenalkan anak-anak dengan olahraga berenang. Tidak harus langsung di kolam renang, orangtua bisa menyediakan sebuah kolam plastik yang bisa dipakai untuk anak-anak berenang.

Usia Anak Boleh Berenang (Alodokter)

Setelah mengetahui usia anak boleh berenang yakni1 tahun, orangtua juga harus menyiapkan perlengkapan saat akan memperkenalkan berenang kepada anak. Salah satunya adalah tabir surya yang bisa dipakai untuk anak-anak. Karena berenang di luar ruangan atau outdoor maka dikhawatirkan kulit anak terbakar.

Barulah saat anak berusia 4 tahun, bisa diajarkan untuk belajar berenang secara serius. Saat melatih anak berenang selain membawa tabirsurya untuk anak, orangtua juga harus memilih kolam renang yang suhu airnya tidak terlalu dingin atau yang hangat. Kemudian pilih kolam renang yang tidak ramai agar anak bisa nyaman berenang.

Orangtua jangan sekali-sekali meninggalkan anak sendirian di kolam renang. Sebab apabila anak sendirian, maka dia bisa tenggelam dan tidak diketahui oleh orang terdekatnya. Kalau pun si anak sudah bisa berenang, orangtua cukup menunggunya di pinggir kolam renang sambil menjaganya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"