Amankah Berenang Pakai Soft Lens? Begini Penjelasannya

Amankah Berenang Pakai Soft Lens? Begini Penjelasannya

Soft lens atau lensa kotak memiliki fungsi membantu penglihatan seseorang. Termasuk ada yang menggunakan soft lens saat berenang. Apakah aman berenang pakai soft lens? Ternyata aman-aman saja bila berenang memakai soft lens selama cara pemakaiannya diperhatikan dengan baik-baik. Gimana sih aturannya?

Mengutip dari AiCare, penggunaan soft lens jika tidak benar saat berenang bisa memicu masalah kesehatan mata. Pemakaian soft lens bisa meningkatkan risiko bakteri hingga amuba yang membuat gangguan penglihatan jangka panjang. 

Soft lens dipakai saat berenang bisa menyerap air sehingga menjadi tempat tinggal bakteri yang membahayakan mata. Jenis bakteri yang ada di kolam renang dan pantai berbeda-beda termasuk tingkat kebahayaannya.

Juga pemakaian soft lens saat berenang di kolam renang karena cairan klorin pada air yang biasa untuk merawat air kolam renang tidak bisa mematikan semua bakteri. Kemungkinan bakteri-bakteri di kolam renang masih saja bisa masuk ke dalam mata lewat soft lens yang digunakan.

Berenang Pakai Soft Lens (Hai Bunda)

Berenang memakai soft lens juga bisa berisiko menyebabkan infeksi mata lho. Dalam laporan Centers for Disease Control and Prevention atau CDC dijelaskan bahwa ada sejumlah amuba yang hidup di air. Amuba jenis Acanthamoeba keratis ini bisa membuat infeksi mata yang sulit disembuhkan bahkan menyebabkan kebutaan.

Jika memang harus berenang memakai soft lens diperhatikan tentang kacamata renang, menjaga mata yang kering, dan penggantian lensa kotak. Untuk mencegah bakteri masuk ke dalam mata saat berenang diusahakan selain memakai soft lens juga memakai kacamata renang untuk melindungi mata.

Bagi orang yang mau memakai soft lens sambil memakai kacamata renang disarankan untuk melakukan renang gaya punggung. Sebab gaya punggung minim adanya interaksi mata dengan air sehingga meminimalisir masuknya bakteri lewat mata.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"