7 Bahan Unik yang Bisa Kamu Gunakan untuk Mengantikan Tepung Gandum

7 Bahan Unik yang Bisa Kamu Gunakan untuk Mengantikan Tepung Gandum

Banyak dari kita mencari pengganti tepung yang baik karena gak bisa makan gluten. Terutama saat kita sulit pergi ke luar karena COVID-19. Pengen bereksperimen dengan bahan lain dalam hal memasak.

Banyak alternatif tepung bisa dibuat menggunakan biji-bijian, kacang-kacangan, dan umbi yang melimpah di negara kayak Indonesia ini. Bahan-bahan itu bisa banget jadi tepung.

Tentu aja tepung yang berbeda membutuhkan resep dan penanganan yang beda pula. Siap-siaplah berkesperimen.

1. Tepung almond

Almond (klikdokter.com)

Tepung almond biasanya dibuat dengan almond yang telah direbus dan kemudian ditumbuk halus menjadi tekstur tepung yang lembut. (Tepung almond yang tidak direbus terbuat dari almond yang masih memiliki kulit.) Tepung almond, sedikit lebih kasar. Keduanya mudah dibuat di rumah dengan almond utuh dan kaya protein, lemak tak jenuh, dan vitamin E.

Tepung almond ternyata sangat fleksibel dan mudah digunakan untuk membuat kue dan jajanan.

2. Tepung kelapa

Tepung kelapa terbuat dari bubur kelapa yang telah dikeringkan dan kemudian ditumbuk. Tepung ini tinggi serat. Tepung kelapa gak baik untuk substitusi 100 persen tepung karena sangat berbeda dengan tepung putih dan pengganti tepung lainnya, menyerap kelembaban dan menghasilkan tekstur yang lebih padat dan lebih berat. Membutuhkan lebih banyak telur atau bahan basah untuk membuat kue.

3. Tepung ubi dan singkong

Singkong (thespruceeats.com)

Ubi manis dan singkong banyak dijual di pasar dengan harga yang relatif murah. Ubi dan singkong bisa mnejadi bahan jajanan tradisonal dan kue yang enak juga gengs.

4. Tepung buncis

Terbuat dari kacang garbanzo kering yang ditumbuk halus, tepung buncis mengandung protein dan serat tinggi, membuatnya cukup mengenyangkan. Tepung Chickpea sangat bagus untuk menambahkan tekstur dan menyatukan dengan cukup baik. Direkomendasikan penggunaannya untuk makanan gurih dan manis seperti crepes, pancake, socca, roti, atau kue.

5. Tepung beras merah

Beras merah (medium.com)

Terbuat dari beras merah yang ditumbuk halus, tepung berserat tinggi ini memiliki tekstur ringan dan bubuk mirip dengan tepung putih. Menjadikannya ideal untuk makanan yang dipanggang. Cording mengatakan itu pilihan yang bagus untuk orang-orang yang baru mengenal tepung alternatif.

6. Tepung soba

Tepung soba terbuat dari biji soba, atau menir. (Ini sebenarnya bukan jenis gandum dan karena itu bebas gluten.) Mengandung sedikit protein dan serat, bersama dengan rasa yang enak.

7. Tepung amaranth

Benih bayam adalah biji-bijian semu (seperti quinoa) yang dapat digiling menjadi tepung yang tidak biasa yang mengandung protein dan serat dalam jumlah yang layak. Tapi ada kesan rasa tanaman atau rumput gitu gengs.

Jadi, mau memanggang apa hari ini?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"