Anak Kereta Harus Tahu! Ini Alasan Kenapa di Rel Kereta Dipasang Batu Kerikil

Anak Kereta Harus Tahu! Ini Alasan Kenapa di Rel Kereta Dipasang Batu Kerikil

Kereta api berjalan di atas rel kereta api. Rel kereta yang terbuat dari besi dipasang banyak batu kerikil di dalam perlintasan. Tahu nggak sih kenapa rel kereta api dipasang batu kerikil? Apakah ada hubungannya dengan kecepatan kereta di atas rel?

Menghalangi Tanaman Liar Tumbuh

Tanaman liar di sekeliling rel kereta bisa saja tumbuh lebat dan bisa menutupi rel kereta. Hal itu tentu bisa membahayakan kereta api yang melintas. Dengan adanya batu kerikil maka sinar matahari akan terhalang untuk langsung menyinari tanah.

Hal ini membuat tumbuhnya tanaman liar atau rerumputan akan semakin kecil. Bahkan jika ada benih tanaman yang akan tumbuh dari dalam tanah pun akan mengalami kesulitan karena terbebani oleh adanya kerikil tersebut.

Anak Kereta Harus Tahu! Ini Alasan Kenapa di Rel Kereta Dipasang Batu Kerikil (Kompas.com)

Pemberat Rel

Batu-batu kerikil dalam jumlah yang banyak ternyata bisa berfungsi sebagai pemberat rel kereta api. Adanya batuan itu membuat kondisi rel kereta menjadi stabil ketika dilintasi kereta. Hal itu bisa membuat kereta yang  melintas dalam keadaan baik dan tidak bermasalah.

Menahan Getaran

Rel kereta disangga oleh baja. Jika hanya baja maka akan menghasilkan gaya yan besar. Dengan adanya batu kerikil bisa menahan getaran dan mengurangi goncangan pada rel saat kereta api melintas. Hal ini bisa memperpanjang usia rel dalam jangka waktu yang lama. 

Cegah Erosi

Batu kerikil yang berada di dalam rel bisa mencegah erosi. Misalnya saat hujan dan banjir datang menggerus rel bisa menyebabkan pengikisan dan erosi tanah yang berada di bawah rel kereta. Nah jika terjadi erosi maka kemungkinan dapat mengakibatkan tanah jadi ambles atau rel anjlok. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"