Kenapa Kesurupan Bisa Menular dan Sering Terjadi pada Wanita?

Kenapa Kesurupan Bisa Menular dan Sering Terjadi pada Wanita?

Kesurupan adalah kondisi saat seseorang dirasuki roh jahat atau makhluk halus. Uniknya di Indonesia sering terjadi yang namanya kesurupan massal. Kesurupan massal awalnya dialami oleh satu orang lalu kemudian menular kepada orang lain disekitarnya. Termasuk juga para wanita yang sering alami kesurupan dibandingkan para pria.

Melansir dari Detik Health, menurut ilmu psikiatri klasik, yang namanya kesurupan dipicu dengan adanya tekanan mental atau sosial yang masuk ke alam bawah sadar dan gagal diatasi oleh individu yang terjadi karena proses neurospikologis yang melibatkan beberapa sirkuit di otak manusia.

Seorang ahli bedah dari Rumah Sakit Mayapada, dr. Roslan Yusni menjelaskan jika kesurupan bisa menular karena ada orang lain yang melihat dan jadi tersugesti. Kesurupan menular dan jadi kesurupan massal karena adanya perhatian sehingga orang lain yang memperhatikan ikut kesurupan. Justru menularnya dari diri sendiri. Makanya kesurupan bisa mempengaruhi orang lain termasuk membuat kepanikan.

Kenapa Kesurupan Bisa Menular dan Sering Terjadi pada Wanita (Boombastis)

Lalu sering timbul pertanyaan kenapa wanita lebih sering alami kesurupan dan mudah dimasuki roh halus dibandingkan laki-laki. Banyak faktor yang mempengaruhi wanita sering mengalami gangguan mistis tersebut. Bisa karena wanita selalu menggunakan perasaan dalam berpikir dan tipikal yang memendam kecemasan dan ketakutannya.

Saat rasa cemas dan takut sudah maksimal maka alam bawah sadarnya membalikan keadaan dengan mengeluarkan semua kecemasan dan ketakutannya secara tidak terkendali, misalnya keluar teriakan-teriakan dan tangisan karena cemas dan takut.

Kondisi wanita yang memasuki usia pubertas juga bisa jadi pemicu. Belum lagi adanya tekanan psikologis hingga masalah hidup yang menyebabkan wanita jadi frustasi. Kondisi seperti itu ternyata mudah bagi makhluk-makhluk halus untuk mencoba mengganggu wanita dengan masuk ke dalam tubuhnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"