Gak Keterima SBMPTN? Ini Langkah yang Dilakukan Selanjutnya

Gak Keterima SBMPTN? Ini Langkah yang Dilakukan Selanjutnya

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN diikuti banyak pelajar yang ingin melanjutkan kuliah di universitas negeri. Pengumuman SBMPTN 2023 sudah keluar pada Selasa (20/6) lalu. Banyak yang diterima tetapi ada juga yang tidak keterima dan terpaksa gigit jari.

Jika kamu tidak keterima SBMPTN jangan terlalu lama bersedih karena sejumlah langkah bisa dilakukan kok. Termasuk mencoba lagi pakai cara lain demi bisa mewujudkan impian kuliah di universitas negeri. Yuk baca langkah-langkah berikut ini.

Coba Lagi Tahun Depan

Setiap tahun SBMPTN memang dilakukan untuk menjaring calon mahasiswa dan mahasiswi yang bakal kuliah di universitas negeri. Bagi kamu yang belum keterima tahun 2023 ini, tidak ada salahnya untuk mencoba SBMPTN tahun 2024 mendatang loh.

Hal ini banyak dilakukan orang demi bisa lolos dan keterima kuliah di universitas negeri. Dengan persiapan yang lebih matang selama setahun, mengikuti pendalaman materi atau les, hingga mengerjakan soal-soal atau kisi-kisi. Memang jika mencoba tahun depan lagi, selama setahun orang tersebut memilih tidak kuliah.

Langkah yang Dilakukan Setelah Gak Keterima SBMPTN (Detikcom)

Ikut Seleksi Mandiri 

SBMPTN tidak keterima. Belum tentu impian kuliah di universitas negeri berakhir selamanya. Jika kamu tidak mau mencoba lagi tahun depan, cara berikut ini bisa dilakukan dengan mengikuti seleksi mandiri. Banyak universitas negeri yang membuka jalur seleksi mandiri.

Bedanya jalur mandiri ini tetap menggunakan tes masuk yang juga tidak mudah. Selain itu biasanya program seleksi mandiri di universitas negeri memiliki biaya yang lebih mahal dibandingkan SBMPTN.  Nah, mahasiswa yang keterima lewat jalur mandiri kabarnya juga harus membayar kuliah lebih mahal.

Bekerja 

Tidak diterima SBMPTN, seseorang tidak hanya mencoba tahun depan dengan ikut kursus, melainkan bisa bekerja. Daripada hanya kursus dan belajar saja, tidak ada salahnya untuk bekerja. Pilihlah pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA atau dengan syarat ijazah SMA. Uang yang diterima bisa ditabung juga kan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"