Peserta SBMPTN 2018 Meningkat Signifikan

Peserta SBMPTN 2018 Meningkat Signifikan

Ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 digelar serentak pada Selasa (8/5/2018) kemarin. SBMPTN tahun ini diikuti sebanyak 860 ribuan peserta pada 42 Panitia Lokal yang terdiri dari 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

SBMPTN tahun ini diselenggarakan dalam dua jenis ujian tulis, yakni Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) diikuti sekitar 833.820 peserta, sedangkan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) diikuti 26.181 peserta.

twitter

Kelompok ujian SBMPTN itu juga terbagi menjadi beberapa jenis, yakni Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum), serta Kelompok Ujian Campuran. Ketiga jenis ujian ini mencakup Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek dan Soshum.

Dari ujian ini, peserta akan memperebutkan ribuan bangku kuliah di 5 PTN bergengsi seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Brawijaya (UB), serta Universitas Hassanuddin (Unhas).

SBMPTN di Jakarta diikuti oleh sekitar 74 ribuan peserta, sedangkan Surabaya dan Medan diikuti sekitar 60 ribuan peserta. Di Yogyakarta sendiri, jumlah peserta SBMPTN tahun ini meningkat signifikan dari 67 ribuan peserta tahun lalu, menjadi sekitar 80 ribuan peserta kemarin.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"