5 Mata Pelajaran Sekolah Unik di Dunia, Indonesia Punya Tidur Siang

5 Mata Pelajaran Sekolah Unik di Dunia, Indonesia Punya Tidur Siang

Biasanya mata pelajaran di sekolah mempelajari seperti matematika, bahasa, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, hingga olahraga. Tapi bagaimana jika ada mata pelajaran yang unik dan gak biasa?

Beberapa sekolah di dunia memiliki kurikulum yang berbeda sehingga bisa memberikan mata pelajaran yang berbeda dengan sekolah lain. Bahkan di Indonesia ada salah satu sekolah yang memiliki mata pelajaran yang berbeda dari yang lain.

1. Tidur Siang

Semua orang pasti senang tidur siang. Tidur siang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Makanya di sebuah Sekolah Dasar (SD) di Sidoarjo, Jawa Timur memiliki mata pelajaran tidur siang. SD Muhammadiyah IV baru memiliki mata pelajaran yang unik ini.

Pihak sekolah sengaja memberikan mata pelajaran tidur siang di sekolah karena membantu para siswa yang mengalami kelelahan setelah belajar sejak pagi hari. Lama waktu mata pelajaran tidur siang ini sekitar satu jam. Setelah tidur siang, anak-anak melanjutkan mata pelajaran lain sampai sore hari.

Mata Pelajaran Unik di Sekolah (Detik.com)

2. Tugas Rumah Tangga

Mengenalkan pekerjaan rumah tangga yang biasa dilakukan ibu rumah tangga ternyata diajarkan oleh sekolah di Swedia. Pada mata pelajaran ini siswa diajarkan untuk melakukan kegiatan rumah tangga seperti menjahit, membersihkan rumah, hingga belajar memasak.

Semua siswa wajib untuk mengikuti mata pelajaran ini tak hanya siswa perempuan karena siswa laki-laki diminta untuk belajar. Alasan diadakan mata pelajaran ini agar anak-anak sudah disiapkan menjadi sosok yang mandiri sejak kecil dan bisa membantu tugas rumah tangga saat di rumah.

3. Belajar di Hutan

Beda juga dengan mata pelajaran sebuah sekolah di Inggris. Sekolah tersebut memberikan mata pelajaran untuk siswanya berupa mempelajari seluk-beluk tentang hutan. Siswa juga diajak masuk ke hutan dan melakukan serangkaian kegiatan seperti membuat api unggun dan membangun gubuk rumah, hingga mengenali tumbuhan di hutan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"