Dukung Pemberdayaan Digital, Dosen UBSI Bimbing Fatayat NU Karang Tengah Produksi Konten Kreatif

Dukung Pemberdayaan Digital, Dosen UBSI Bimbing Fatayat NU Karang Tengah Produksi Konten Kreatif

Pengurus Anak Cabang (PAC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Karang Tengah, Kota Tangerang, Banten mengadakan pelatihan video kreatif untuk media sosial berkolaborasi dengan dosen Universitas Bisa Sarana Informatika (UBSI(.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat yang diadakan oleh dosen Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) dengan tujuan meningkatkan keterampilan digitalpengurus Fatayat NU dalam memproduksi konten video yang menarik dan bermanfaat.

Pelatihan yang diadakan di aula Masjid Agung Al Ittihad ini juga bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, sehingga momen tersebut dimanfaatkan untuk memperkuat kemampuan teknis pengurus dalam mengelola konten media sosial.

Kegiatan pelatihan video kreatif oleh dosen UBSI (Foto: Dok.Istimewa)

Menurut Haryo Windratno, M.I.Kom, salah satu pembicara kemampuan membuat video kreatif sangat penting di era digital ini, khususnya bagi organisasi seperti Fatayat NU yang memiliki misi pemberdayaan perempuan. Dengan penguasaan teknologi video editing, Fatayat diharapkan mampu menyampaikan pesan-pesan positif dan informasi tentang program-program pemberdayaan mereka kepada masyarakat luas melalui media sosial.

 “Tujuan utama pelatihan ini adalah agar Fatayat NU dapat memproduksi konten yang bermanfaat dan meningkatkan branding organisasi melalui platform media sosial mereka. Kami berharap ini bisa membantu mereka lebih aktif dalam menyebarkan informasi yang mendukung pemberdayaan perempuan,”jelas Haryo dalam keterangan tertulisnya.

 Nony Menawati, S.H.I., Ketua PAC Fatayat NU KotaTangerang, menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan belajar yang diberikan oleh UBSI. “Kami sangat senang karena pelatihan ini membantu kami memahami cara membuat konten yang lebih menarik di media sosial, khususnya Instagram. Kamiberharap pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas pengelolaan media sosial @fatayatnukotatangerang, serta memperluas jangkauan dakwah kami kepada Sahabat Fatayat,” ujar Nony.

Peserta pelatihan antusias dalam kegiatan pelatihan (Foto: Dok.Istimewa)

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, di mana para dosen Universitas BSI secara aktif berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Ita Suryani, S.Sos.,M.I.Kom, Kaprodi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI, yang turut hadir dalam acara tersebut, menyampaikan bahwa kerja sama dengan Fatayat NU sudah berlangsung cukup lama, baik dalam penelitian maupun pengabdian masyarakat.

 “Kami senang melihat antusiasme dari pengurus Fatayaty ang sangat ingin meningkatkan kemampuan di bidang digital. Harapannya, ke depan kolaborasi ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi kedua belah pihak,” ungkap Ita.

Dengan selesainya pelatihan ini, Fatayat NU Kota Tangerang diharapkan dapat lebih optimal dalam menggunakan media sosial untuk menyebarkan informasi serta menggerakkan program-program yang mereka jalankan,khususnya dalam bidang pemberdayaan perempuan dan dakwah.

Pelatihan ini juga membuka peluang bagi anggota Fatayat untuk memanfaatkan kemampuan baru mereka dalam menciptakan peluang ekonomi melalui jasa produksi video.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"