Buat Para Ibu, Begini Cara Mengajarkan Anak Puasa Pertama Kali

Buat Para Ibu, Begini Cara Mengajarkan Anak Puasa Pertama Kali

Walaupun anak-anak tidak ada kewajiban untuk menjalankan ibada puasa di bulan Ramadhan, namun penting bagi para orang tua untuk tetap mengajarkan buah hati mereka berpuasa agar lebih siap nantinya bila sudah diwajibkan.

 

Dan tentunya, meminta anak-anak untuk berpuasa bukanlah perkara yang mudah. Apalagi jika mereka diminta untuk berpuasa satu bulan penuh.

 

Tapi jangan khawatir dulu. Ada banyak cara mengajarkan anak puasa yang bisa kamu lakukan kok. Yuk, simak beberapa tipsnya berikut ini!

 

1. Mulai dari Puasa Setengah Hari

Ilustrasi anak sedang menunggu waktu buka (unsplash)

 

Jika anak kamu masih kecil dan belum berpuasa sebelumnya, kamu bisa menajarkannya secara perlahan, diawali dengan berpuasa setengah hari. Hal ini dilakukan biar mereka tidak kaget.

 

Kamu bisa meminta sang anak untuk berpuasa dari setelah sahur hingga jam makan siang. Coba terapkan hal ini beberapa waktu. Bila si kecil sudah merasa lebih kuat dan siap, kamu bisa menambahkan durasinya secara perlahan.

 

Jangan lupa untuk tetap memberikan asupan yang bergizi kepada anak agar pertumbuhannya tidak terhambat.

 

2. Awali dengan Puasa Jajan

 

Langkah kecil yang bisa kamu terapkan untuk mengajarkan anak berpuasa adalah dengan puasa jajan atau makanan-makanan tertentu yang mereka sukai.

 

Misalnya biskuit, es krim, atau aneka makanan instan. Kamu bisa meminta mereka untuk tidak mengkonsumsi makanan favorit mereka selama bulan puasa. Setelahnya, kamu bisa mengurangi pilihan makanan tersebut, baru ajarkan untuk berpuasa secara penuh.

 

Baca juga: Catat Baik-Baik! Ini 4 Tips Aman Puasa untuk Penderita Asam Lambung

 

3. Perlahan Ajarkan Anak Makna Puasa serta Berbagai Tradisi Uniknya

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"