5 Cara Mengajarkan Anak Puasa Sejak Dini, Menyenangkan dan Bermakna Bagi Anak

5 Cara Mengajarkan Anak Puasa Sejak Dini, Menyenangkan dan Bermakna Bagi Anak

Sebentar lagi bulan puasa, apakah kamu sedang memikirkan cara untuk mengajarkan anak puasa sejak dini? Banyak cara menyenangkan agar anak mau ikut berpuasa, salah satunya dengan mencontohkan bagaimana cara berpuasa. Memberikan contoh langsung dianggap sebagai trik yang efektif mengingat anak cenderung menjadikan orangtua sebagai role model utama.

Selain itu masih banyak cara lain yang bisa dibuat menarik agar anak mau ikut berpuasa dengan senang hati. Berikut ini cara mengajarkan anak puasa sejak dini yang dirangkum dari berbagai sumber. Yuk simak ulasannya!

1. Mengajarkan Makna Puasa pada Anak

1. Mengajarkan Makna Puasa pada Anak Cara Mengajarkan Anak Puasa Sejak Dini (via Okezone)

Sebelum mulai mengajarkan bagaimana cara berpuasa pada anak, lebih dulu kenalkan makna puasa pada anak, serta kenapa anak harus menjalankan ibadah tersebut. Jelaskan juga kegiatan apa saja yang dianjurkan untuk dilakukan selama puasa. Dengan demikian, mereka juga ikut memahami dan menjiwai ibadah puasa itu sendiri.

Sejak dini, kenalkan mengenai puasa melalui buku bergambar yang menarik. Biarkan anak familiar dengan kata puasa sebelum mengenal puasa lebih dalam. Seiring bertambahnya usia, kamu bisa sedikit-demi sedikit mengenalkan puasa melalui cerita-cerita yang menarik. Memang butuh effort, namun hal ini akan membuat pemahaman tentang puasa bisa tertanam dalam diri mereka.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"