Ternyata Ini Rahasia Tempe Goreng Bisa Renyah Walau Sudah Dingin, Cuma Modal Es Batu!

Ternyata Ini Rahasia Tempe Goreng Bisa Renyah Walau Sudah Dingin, Cuma Modal Es Batu!

Siapa nih yang suka makan gorengan terutama tempe goreng? Semua pasti setuju kalau tempe goreng jadi menu gorengan favorit. Bahkan, saking favoritnya, di kantin sekolah biasanya tempe goreng selalu jadi rebutan.

Sayangnya, tekstur tempe goreng ini beda banget saat kita buat sendiri di rumah. Tempe yang kita goreng sendiri biasanya mudah alot padahal belum lama matang dari penggorengan.

Ternyata eh ternyata, untuk membuat tempe goreng yang renyah seharian penuh meskipun sudah dingin cuma butuh es batu, lho Gengs! Nah, begini caranya.

Sebelumnya, kita harus tau manfaat menambahkan es batu pada adonan tempe goreng.

Air es ternyata punya efek merenyahkan jika digunakan untuk gorengan bertepung. Itulah kenapa, biasanya resep gorengan menyarankan kita untuk menggunakan air es saat membuat batter (adonan pencelup yang cair).

Pada resep ayam goreng tepung, misalnya. Kita sering mencelupkannya dulu ke telur dan baru melapisinya dengan tepung. Atau pada tempe goreng tepung, beberapa lebih suka menggunakan telur untuk mengencerkan adonan tepungnya. Padahal cara ini ternyata kurang tepat, lho.

Soalnya, telur cenderung membuat gorengan sering melempem. Sebaliknya, gunakan saja air es sebagai pengganti telur agar kerenyahannya bisa lebih tahan lama. Dijamin, gorengan bisa tetap renyah walau sudah dingin. Selain itu, perhatikan juga beberapa hal dalam membuat tempe goreng.

Rahasia Tempe Goreng Bisa Renyah Walau Sudah Dingin, Cuma Modal Es Batu (Pikiran Rakyat)

1. Memerhatikan Campuran Tepung

Untuk membuat tempe goreng tepung yang renyah dan tidak keras, kita bisa menggabungkan dua jenis tepung. Campuran tepung untuk membuat adonan pelapis tempe adalah tepung terigu dan tepung beras. Tambahan tepung beras bisa membuat tempe goreng tepung jadi renyah.

Namun, perbandingan antara tepung terigu dan tepung beras juga harus diperhatikan. Takaran tepung terigu harus lebih banyak dibandinkan tepung berasnya, ya. Sebab, campuran tepung beras yang terlalu banyak membuat tempe goreng tepung jadi keras saat tempe goreng sudah dingin. Jadi, kita bisa menggunakan perbandingan 75 persen tepung terigu dan 25 persen tepung beras.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"