Belajar dari Kiki Fatmala, Ini Pemeriksaan Rutin bagi Wanita yang Tak Boleh Terlewat

Belajar dari Kiki Fatmala, Ini Pemeriksaan Rutin bagi Wanita yang Tak Boleh Terlewat

Dunia selebriti Tanah Air kembali kehilangan salah satu tokoh terbaik. Aktris senior Kiki Fatmala diumumkan meninggal dunia pada Jumat (1/12/2023) akibat komplikasi kanker dialaminya selama beberapa tahun terakhir. Menariknya, sebelum meninggal Kiki sempat mengungkap bahwa dirinya tak pernah tahu ada kanker di tubuhnya hingga kondisinya sudah mencapai stadium 4.

Dalam sebuah tayangan channel YouTube Maia Estianty, AlElDul, Kiki mengaku baru tahu mengidap kanker pada tahun 2021. Itupun terjadi karena dirinya tiba-tiba saja terpikir untuk melakukan general check-up. Tidak ada gejala apapun saat itu, dia hanya ingin memastikan.

Siapa sangka, Kiki Fatmala ternyata sudah mengidap kanker stadium 4 tanpa menyadarinya. Belajar dari hal tersebut, pemeriksaan rutin bagi wanita merupakan bagian penting dari perawatan kesehatan untuk mendeteksi dini masalah kesehatan dan memastikan bahwa tubuh tetap sehat. Berikut adalah beberapa pemeriksaan rutin yang sebaiknya dilakukan secara berkala:

1. Mamografi

Pemeriksaan Rutin bagi Wanita (via Alomedika)

Pemeriksaan rutin bagi wanita yang pertama adalah mamografi. Pemeriksaan ini adalah salah satu tes skrining yang sangat penting untuk mendeteksi kanker payudara stadium awal pada wanita. Metode pemeriksaan ini melibatkan penggunaan sinar-X dengan tingkat energi yang tinggi untuk menciptakan gambaran yang rinci mengenai struktur internal payudara.

2. Pap Smear



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"