Kiki Fatmala Meninggal karena Kanker, Terungkap Besaran Biaya Pengobatannya

Kiki Fatmala Meninggal karena Kanker, Terungkap Besaran Biaya Pengobatannya

Kiki Fatmala meninggal dunia karena penyakit kanker paru-paru pada Jumat 1 Desember 2023. Jenazah Kiki dimakamkan di San Diego Hills pada Sabtu 2 Desember 2023. Sekitar dua tahun lamanya, Kiki berjuang untuk sembuh dari kanker paru-paru. Tentu ia mendapatkan dorongan semangat dan bantuan dari suaminya, Christopher.

Saat menjadi bintang tamu program FYP, Kiki pernah mengatakan pengobatan intensif dilakukan selama enam bulan. Untuk mendapatkan perawatan yang baik, Kiki rela menjalani pengobatan sampai ke luar negeri, tepatnya di Singapura. Mengingat kanker paru-paru yang diidap Kiki sudah memasuki stadium 4.

“Ada yang bilang kalau kanker stadium 4 dibilang hidup tinggal enam bulan lagi. Sel kanker di paru-paru aku sudah besar dan menutupi pernapasan,” kata mendiang Kiki. Di Singapura Kiki melakukan radiasi untuk mengecilkan sel-sel kanker dalam paru-parunya. Tentu biaya yang harus dikeluarkan Kiki sangat besar.

Kiki Fatmala (Suara.com)

Kiki Fatmala memang tidak menyebut rinci nominal biaya yang harus ia bayarkan. “Buat aku mahal banget tapi buat aku dan suami yang penting sembuh, nggak apa-apa lah uang juga nggak dibawa mati juga, masih bersyukur Tuhan baik sama kita, Dia yang selalu bantu menyediakan uang, terus berpikir positif saja,” imbuh Kiki.

Kabarnya untuk sekali menjalani proses kemoterapi dan pengobatan di Singapura Kiki harus membayar seharga satu unit mobil atau sekitar ratusan juta rupiah. Untungnya proses pengobatan berjalan dengan lancar dan sempat membuat sel kanker dalam paru-paru Kiki mulai membaik dan tidak aktif.

Namun takdir berkata lain. Makin lama kondisi Kiki memprihatinkan. Sel kanker dalam paru-parunya kembali aktif dan malah semakin menjalar ke otaknya. Beberapa hari jelang meninggal dunia, Kiki memilih pasrah dengan penyakitnya. Ia enggan dirawat di rumah sakit dan memilih agar menjalani perawatan di rumah saja.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"