5 Hal yang Harus Disiapkan Wanita Sebelum Menikah dengan Duda

5 Hal yang Harus Disiapkan Wanita Sebelum Menikah dengan Duda

Wanita yang menikah dengan duda atau pria yang pernah menikah sebelumnya harus melakukan berbagai persiapan jelang pernikahan. Persiapan tersebut tidak hanya soal teknis pernikahan semata saja, karena banyak faktor yang harus diperhatikan sebelum memutuskan menikah dengan seorang duda.

Dilansir dari situs siapnikah.org, psikolog Fanny Sumanjouw S.Psi.Psi, mengatakan bahwa tidak ada yang salah dengan status duda seorang pria, baik itu duda karena bercerai dengan mantan istri atau ditinggal istrinya karena meninggal. Menikah dengan seorang duda bukan berarti pernikahan tidak bahagia atau lebih buruk dari menikahi pria yang single atau perjaka.

Fanny mengatakan kunci bahagia menikah dengan duda adalah suami istri bisa saling menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing dan bisa mengisi kekurangan dan kelebihan tersebut. Jika hal itu dilakukan maka beban psikologis bisa teratasi satu persatu. 

“Bila sikap saling menyayangi, mencintai, menghargai, dan menghormati satu sama lainnya sudah sangat kuat dan menjadi pondasi utama dalam membina hubungan, maka segala masalah yang akan muncul di kemudian hari tidak akan terjadi,” kata Fanny. Lantas apa saja yang harus disiapkan seorang wanita sebelum menikah dengan duda?

5 Hal yang Harus Disiapkan Wanita Sebelum Menikah dengan Duda (Suara.com)

Perjelas Soal Status

Kadang ada duda yang status pernikahan sebelumnya masih belum jelas. Misalnya masih menjalani persidangan perceraian. Sebaiknya dipastikan dulu apakah pria itu memang sudah resmi jadi duda atau masih menjalani proses perceraian. S

Sebaiknya tunggu sampai pria tersebut selesai mengurus pernikahan dan jadi duda, untuk memikirkan soal pernikahan.Sebab pria yang belum 100 persen menjadi duda biasanya akan memikirkan hal lain termasuk urusan perceraian.

Cari Tahu Masa Lalu

Semisal wanita mau menikah dengan duda yang bercerai, maka wanita itu harus mencari tahu kenapa pernikahan tersebut berakhir. Jangan sampai si wanita malah jadi korban dari pria tersebut seperti mantan istrinya terdahulu. Tentu jika ada hal-hal yang mencurigakan, si wanita bisa hati-hati untuk menikah dengan pria tersebut.

Memberikan Waktu 

Pria atau duda yang pernah mengalami kegagalan pernikahan sebelumnya akan mendatangkan luka mendalam. Tentu ia akan berhati-hati untuk memutuskan apakah mau menikah dalam waktu dekat atau tidak. Jika si pria meminta waktu, wanita juga harus memberikan waktu kepada pria tersebut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"