Stadion JIS Belum Digunakan untuk Pertandingan Sepak Bola Internasional, Terungkap 5 Hal yang Harus Diperbaiki

Stadion JIS Belum Digunakan untuk Pertandingan Sepak Bola Internasional, Terungkap 5 Hal yang Harus Diperbaiki

Meskipun Jakarta International Stadium atau stadion JIS sudah diresmikan, namun stadion ini belum juga digunakan untuk pertandingan sepak bola internasional. Pamor Stadion JIS masih kalah dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta yang dianggap memiliki fasilitas yang lebih baik.

Pada bulan Juni 2023 diketahui timnas Indonesia memiliki jadwal dua pertandingan persahabatan atau FIFA Match Day menghadapi Palestina dan Argentina. Dalam dua pertandingan justru PSSI memilih Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dan Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk jadi venue pertandingan. 

Padahal stadion JIS digadang-gadang memiliki fasilitas yang lengkap dan berkonsep modern. Namun kenapa stadion yang berada di kawasan Jakarta Utara itu tidak dipakai jadi venue pertandingan timnas? Inikah beberapa hal yang harus diperbaiki pengelola agar stadion ini menjadi sempurna.

Stadion JIS Belum Digunakan untuk Pertandingan Sepak Bola Internasional (Detik Sport)

Akses Transportasi dan Tempat Parkir

Stadion JIS pertama kali dapat sorotan kala menggelar konser Dewa 19 beberapa waktu lalu. Saat itu banyak penonton yang kecewa karena di stadion itu tidak memiliki lahan parkir yang memadai. Kabarnya dari 82 ribu kursi penonton hanya 800 kendaraan yang bisa diparkir di lahan parkir stadion.

Makanya beberapa tempat di sekitar stadion jadi kantong parkir dadakan. Ini yang harus diperhatikan pengelola untuk membuat tempat parkir yang memadai. Belum lagi akses transportasi umum menuju stadion sangat kurang, meskipun dalam waktu dekat terhubung jalur commuterline untuk memudahkan penonton.

Jumlah Pintu Masuk

Jumlah pintu masuk khusus akses penonton masuk ke stadion disebut masih sangat kurang. Makanya antrian penonton saat masuk ke dalam stadion akan berlangsung cukup lama. Belum lagi di beberapa bagian plafon stadion yang rendah sehingga menyulitkan bus yang membawa pemain kesulitan saat masuk ke dalam stadion.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"