Jenis Rumput Stadion JIS yang Dikritik Gak Layak untuk Piala Dunia U-17

Jenis Rumput Stadion JIS yang Dikritik Gak Layak untuk Piala Dunia U-17

Kontroversi tentang rumput stadion JIS (Jakarta International Stadium) beberapa waktu lalu dijawab oleh FIFA dalam pernyataan resmi yang dirilis LOC Piala Dunia U-17 2023 pada Selasa (14/11). Jenis rumput di stadion JIS adalah Zoysia. Rumput Zoysia adalah rumput yang biasa tumbuh di negara tropis sehingga cocok di Indonesia.

Walaupun cocok tumbuh di Indonesia tetapi ada saja tantangan untuk memakai rumput Zoysia yakni faktor kelembapan dan curah hujan. Tapi buktinya rumput di stadion JIS tetap saja bisa berfungsi dengan baik untuk dipakai pertandingan Piala Dunia U-17.

Rumput Zoysia yang ada di JIS merupakan hasil panenan dari rumput di lapangan Universitas Pelita Harapan. Dalam proses pemanenan menggunakan mesin khusus yang mampu menggulung rumput seperti karpet dengan ketebalan lebih dari 4 cm. Proses penggantian rumput di lapangan sangat dijaga dengan ketat oleh tim manajemen dari FIFA yang mengecek kualitas rumput tiap harinya.

Rumput Stadion JIS (YouTube Indosiar)

Rumput stadion JIS pertama kali dapat perhatian saat stadion itu menggelar pertandingan Inggris lawan Kaledonia Baru yang dimenangkan Inggris dengan skor 10-0. Rumput stadion JIS dianggap tidak bagus karena terlihat belang-belang. Padahal sebelum Piala Dunia U-17 berlangsung, FIFA sudah merekomendasikan PSSI untuk melakukan renovasi di stadion ini khususnya mengganti rumput lapangan seluruhnya karena tidak menjadi standar FIFA.

Meskipun rumput di stadion JIS dapat sentiment negatif, namun hal berbeda diungkap pemain Inggris yang berlaga di JIS.  Menurutnya rumput JIS mirip dengan rumput stadion di Inggris. “Rumputnya bagus, permukaannya juga, mirip seperti lapangan yang biasa kami mainkan di Inggris, tapi tidak terlalu sama,” tutur Justin Oboavwoduo yang bermain di Manchester City.

Oboavwoduo juga sangat senang bersama skuad timnas U-17 Inggris bisa bermain di stadion sepak bola terbesar di Indonesia dengan kapasitas mencapai 82 ribu tempat duduk. “Kami sangat senang bisa bermain di stadion ini dan mendapatkan hasil yang bagus,” bilang Justin yang juga ikut mencetak gol saat menghancurkan Kaledonia Baru.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"