Fasilitas di Stadion JIS yang Tidak Dimiliki Stadion GBK, Yuk Cari Tau

Fasilitas di Stadion JIS yang Tidak Dimiliki Stadion GBK, Yuk Cari Tau

Stadion JIS atau Jakarta International Stadium sampai sekarang belum juga menjadi venue timnas Indonesia atau klub Persija Jakarta saat melakukan pertandingan kandang. Padahal fasilitas di Stadion JIS sudah cukup baik dan bertaraf internasional. 

Justru yang terakhir nama stadion JIS viral lantaran jadi tempat konser grup band Dewa 19 beberapa waktu silam. Lebih dari 70 ribu penonton datang ke stadion yang berada di Jakarta Utara tersebut. Ada penonton yang menyebut stadion JIS masih kurang memadai untuk tempat konser dan pertandingan sepak bola. 

Beberapa fasilitas di JIS dianggap lebih baik dibandingkan Stadion Gelora Bung Karno atau GBK. Padahal stadion GBK juga sempat menjalani proses renovasi menjelang perhelatan ASIAN Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Berikut beberapa fasilitas JIS yang disebut lebih baik dibandingkan GBK.

Fasilitas di Stadion JIS (Detik Sport)

Rumput Lapangan

Untuk rumput lapangan sebagai fasilitas di stadion JIS menggunakan rumput kelas dunia jenis hybrid. Rumput hybrid adalah rumput yang memiliki perpaduan antara rumput alami dan sintetis. Rumput di JIS ini terbuat dari 5 persen sintetis dengan jenis Limonta yang diimpor langsung dari Italia. Rumput Limonta adalah rumput yang digunakan di beberapa stadion di Eropa seperti Santiago Bernabeu di Spanyol dan Amsterdam Arena di Belanda. 

Sementara itu untuk 95 persen rumput alami adalah jenis Zoysia Matrella yang dibuat dari Boyolali. Untuk perawatan rumput di lapangan tidak menggunakan pestisida, cukup menggunakan burung kaki bayam yang dilepas ke rumput untuk memangsa ulat dan serangga.

Atap Stadion

Stadion JIS menjadi satu-satunya stadion di Indonesia yang memiliki ciri khas di bagian atap. Dimana bagian atap bisa dibuka dan ditutup secara otomatis. Penggunaan atap stadion yang bisa dibuka dan tutup ada kaitannya dengan beberapa acara selain sepak bola yang digunakan di stadion JIS, misalnya konser musik yang tetap bisa berjalan meskipun cuaca sedang hujan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"