Mengenal Pukulan dalam Tenis Meja, dari Servis, Forehand, Hingga Smash

Mengenal Pukulan dalam Tenis Meja, dari Servis, Forehand, Hingga Smash

Tenis meja atau yang juga disebut ping pong merupakan jenis olahraga yang dimainkan oleh remaja hingga orang dewasa. Untuk melakukan olahraga ini bisa bermain di mana saja selama ada meja yang digunakan. Olahraga ini mengenal beberapa pukulan dalam tenis meja yang harus diketahui oleh pemainnya. 

Sekedar informasi disebutkan bahwa tenis meja memiliki beberapa manfaat untuk tubuh. Tenis meja bisa meningkatkan koordinasi tangan dan mata, serta merangsang fokus dan konsentrasi. Olahraga ini juga meningkatkan refleks karena tenis meja memiliki ritme yang cepat dan jarak pendek. Tentunya tenis meja bisa membakar kalori lumayan banyak dalam tubuh seseorang. Berikut beberapa pukulan dalam tenis meja.

Servis

Tenis meja memiliki pukulan bernama servis. Servis ini juga dikenal dalam olahraga lain seperti tenis lapangan dan bulu tangkis. Dalam tenis meja, servis adalah pukulan yang penting karena menjadi pukulan awalan dalam melakukan serangan kepada lawan, dan jika servis dilakukan dengan benar maka bisa menyulitkan lawan karena tidak bisa mengembalikkan bola, apabila servis mengutamakan kecepatan. 

Pukulan dalam Tenis Meja

Forehand

Pukulan dalam tenis meja berikutnya adalah forehand. Forehand tenis meja terdiri atas dua jenis yakni forehand drive dan forehand push. Forehand driver merupakan pukulan tenis meja saat lawan memberikan bola tinggi. Pukulan ini dilakukan dengan memukul bola dengan cukup cepat. Usahakan forehand dilakukan untuk mendaratkan bola sedekat mungkin dengan baseline lawan.

Sementara forehand push adalah jenis pukulan forehand yang digunakan untuk bola pendek dengan tujuan mendapatkan poin dan menghentikan lawan melakukan tembakan menyerang. Posisi kaki dalam forehand push sangat penting. Lakukan dengan ayunan ke belakang dan saat bola menyentuh permukaan gerakkan tubuh ke belakang. Siku tangan terbuka saat melakukan pukulan. 

Backhand

Backhand tenis meja adalah pukulan dalam melakukan penyerangan kepada lawan. Backhand yang dilakukan dengan benar bisa menyulitkan lawan dan pemain yang melakukannya mendapatkan poin. Backhand terdiri atas backhand drive dan backhand push. Backand drive digunakan saat lawan memberi bola tinggi.Backhand drive ada kemiripan dengan forehand drive.

Usahakan saat melakukan forehand drive, agar bola mendarat sedekat mungkin dengan baseline lawan. Backhand drive dilakukan dengan menghadap ke meja. Bat tenis meja pemain bergerak maju dan sedikit ke atas meskipun agak tertutup. Dan, backhand push adalah jenis pukulan backhand pendek dengan tangan dekat dengan dada. Pukulan pendek ini bisa menghentikan serangan agresif dari lawan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"