TERPECAHKAN! Ini Alasan Tenis Meja Disebut Pingpong

TERPECAHKAN! Ini Alasan Tenis Meja Disebut Pingpong

Olahraga tenis meja terkadang disebut dengan pingpong. Bahkan nama pingpong dianggap lebih merakyat dibandingkan tenis meja itu sendiri. Lalu kenapa olahraga tenis meja memiliki nama lain yakni pingpong?

Melansir dari Kompas.com, menurut Buku Ajar Teori dan Praktik Permainan Tenis Meja (2020) yang ditulis oleh Andi Kasanrawali S.Pd,Mpd, hampir semua negara menyebut olahraga tenis meja dengan sebutan pingpong. Istilah pingpong dipatenkan oleh perusahaan asal Inggris yakni J.Jaques dan Son Ltd sebagai merk dagang di tahun 1901.

Nama pingpong digunakan untuk permainan yang menggunakan peralatan yang diproduksi oleh perusahaan Jaques tersebut, sedangkan perusahaan lain menggunakan istilah tenis meja. Sekitar tahun 1920-an, J.Jaques dan Son Ltd malah menjual hak nama pingpong kepada Parker bersaudara yang berasal dari Amerika Serikat.

Ternyata setelah perusahaan itu menjual hak nama pingpong kepada perusahaan lain sebagai merk dagang di Amerika, maka Asosiasi Pingpong terpaksa mengubah nama menjadi Asosiasi Tenis Meja pada tahun 1926 dengan nama Federation Internationale de Tennies de Tables atau International Table Tennis Federation (ITTF) yang didirikan oleh George Lehmann asal Jerman.

Ini Alasan Tenis Meja Disebut Pingpong (Jabar Ekspres)

Dalam olahraga tenis meja atau pingpong, terdapat dua jenis permainan yakni permainan tunggal dan ganda. Aturan dalam pemain tunggal tenis meja yakni pemain akan mendapatkan satu poin jika lawan melakukan kesalahan atau gagal mengembalikan bola dengan sempurna. Kemudian pemenang tenis meja nomor tunggal adalah pemain yang lebih dulu mendapatkan nilai 11 poin dengan sistem rally point.

Jika terjadi skor imbang 10-10 atau deuce, pemain harus bermain sampai terjadi selisih 2 angka. Perubahan dalam permainan tenis meja mengalami perubahan ketika jumlah poin adalah dua, artinya saat dua poin sudah diperebutkan maka dilakukan perpindahan servis atau bola.

Cara bermain tenis meja nomor pemain ganda ada beda meski ada juga persamaan dengan nomor tunggal. Misalnya pemain akan mendapatkan satu poin jika lawan melakukan kesalahan atau gagal menerima bola dengan baik. Pemenang tenis meja adalah pemain yang lebih dulu mendapatkan angka 11 dengan sistem rally point.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"