Mengenal Kun Bokator, Bela Diri Asli Kamboja yang Diprediksi Bisa Populer di Indonesia

Mengenal Kun Bokator, Bela Diri Asli Kamboja yang Diprediksi Bisa Populer di Indonesia

Bela diri kun bokator tengah jadi perbincangan karena untuk pertama kali dipertandingkan sebagai cabang olahraga di SEA Games 2023. Kun bokator adalah bela diri asli Kamboja yang sudah berusia lebih dari 1000 tahun. Saking lamanya, kun bokator sampai masuk menjadi warisan budaya takbenda kemanusiaan UNESCO.

Sama seperti bela diri lainnya, kun bokator memiliki ciri khas dalam hal pertarungannya. Kun bokator adalah bela diri dimana mengenal pertarungan jarak dekat dengan kosong hanya menggunakan beberapa bagian tubuh saja seperti siku, lutut, dan tendangan ke tulang kering untuk mengalahkan lawannya.

Kun bokator berkembang pesat di Kamboja sejak 10 tahun terakhir. Padahal bela diri ini sempat menghilang di Kamboja pada tahun 1970-an atau ketika rezim khmer merah berkuasa di Kamboja selama puluhan tahun.

Kun Bokator Bela Diri Asli Kamboja (Tribunnews.com)

Walaupun kun bokator bru pertama kali dipertandingkan dalam SEA Games 2023 Kamboja, bela diri ini banyak menyumbangkan medali untuk kontingen Indonesia loh. Total ada 20 medali yang didapat atlet kun bokator di SEA Games 2023, masing-masing dalam nomor pria, wanita, dan campuran.

Atlet kon bokator di SEA Games 2023 mendapatan tiga medali emas, lima medali perak, dan 12 medali perunggu. Pelatih kun bokator Indonesia yakni Agus Nanang Sunarya sangat terkejut dengan prestasi yang didapatkan kontingen Indonesia. Sebab banyak medali yang didapatkan atlet Indonesia.

Bisa saja setelah kun bokator menyumbang 20 medali di SEA Games 2023 Kamboja membuat seni bela diri ini menjadi terkenal dan populer di Indonesia karena dibawa oleh para atlet kun bokator. Termasuk pemerintah akan membuat federasi untuk cabang olahraga kun bokator di Indonesia. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"