Kisah Mbah Suro, Dukun Sakti Pembela PKI yang Sempat Bikin Kopassus Kerepotan

Kisah Mbah Suro, Dukun Sakti Pembela PKI yang Sempat Bikin Kopassus Kerepotan

Jaman dahulu, tokoh masyarakat biasanya datang dari ahli agama atau orang yang kuat. Orang yang kuat dalam arti punya ilmu kanuragan atau sakti. Tapi banyak juga orang sakti yang menggunakan kekuatanya untuk berlaku seenaknya. Gak takut sama hukum.

Salah satu orang yang kuat dan sakiti kala itu bernama Mbah Suro. Dia pernah mendirikan padepokan yang terang-tarangan mendukung PKI. Padahal kita semua tahu, PKI menjadi musuh masyarakat. Bahkan sampai sekarang, PKI gak diterima di negara ini.

Sosok Mbah Suro (Bombastis.com)

Karena keberaniannya ini, dia harus berhadapan dengan pasukan elit baret merah atau Kopassus. Satu pasukan ini ditugaskan untuk memberantas Mbah Suro dan semua pengikutnya.

Sebenarnya Mbah Suro ini dulunya juga masuk ke dalam pasukan revolusi loh gengs. Nama aslinya adalah Muljono alias Surodihardjo. Lahir di desa Nginggil pada 17 Maret 1921. Gak main-main, dia memiliki pangkat sersan.

Salah satu komandannya yang bernama Ahmad Wiro Sardjono alias Ahmad Yadau, adalah pemimpin Brigade Jadau. Dia termasuk oknum yang terlibat pemberontakan PKI di Madiun pada 1948-1949.

Setelah mendalami ilmu kebatinan, Mulyono mengubah nama menjadi Mbah Suro. Dia mendalami ilmu kebatinan tahun 1952, seperti yang ditulis dalam Reports Service: Southeast Asia series (1967). Semakin dia tekuni setelah terpilih menjadi Kepala Desa Nggigil. Lalu mengundurkan diri pada 31 Juli 1962. Dia semakin dikenal luas sebagai orang sakti pada 1959.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"