7 Manfaat Mengajarkan Anak Bela Diri Sejak Dini, Aybun Wajib Tahu!

7 Manfaat Mengajarkan Anak Bela Diri Sejak Dini, Aybun Wajib Tahu!

Dunia ini terus menjadi tempat yang berbahaya, baik secara fisik maupun mental. Anak-anak termasuk yang paling rentan karena masalah besar yang berkaitan dengan perundungan atau bullying.

Perundungan datang dalam berbagai bentuk, baik fisik, verbal, atau sosial. Itu bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Perlu diketahui, anak-anak rentan terhadap perilaku yang dapat terjadi di sekolah, online, atau dalam bentuk lainnya.

Berbagai masalah dapat timbul akibat perundungan di kemudian hari. Termasuk masalah harga diri dan kesehatan mental.

Lalu, bagaimana cara kita mempersiapkan anak? Di sinilah pentingnya mengajarkan anak bela diri sejak dini. Berikut beberapa manfaat penting mengajarkan seni bela diri ke anak:

1. Fokus pada Pertumbuhan Pribadi

Anggota Satgas Pamtas latih bela diri karate anak-anak di desa Daulasi Kabupaten Malaka (kupang.tribunnews.com)

Salah satu manfaat seni bela diri adalah fokusnya pada pertumbuhan sebagai pribadi. Dibandingkan dengan olahraga lain, seni bela diri tidak bergantung pada usaha tim. Beban “mengecewakan tim” tidak terlalu membebani mereka, terutama pada anak-anak.

2. Mengajarkan Solusi Lembut

Bertentangan dengan anggapan umum, mengajari anak-anak bela diri tidak membuat mereka menjadi kasar atau agresif. Sebaliknya, hal ini mengajarkan mereka solusi yang lembut terhadap permainan kasar dan intimidasi. Sistem pertahanan diri yang baik akan menekankan penggunaan suara dan tindakan tanpa kekerasan untuk melindungi ruang pribadi.

3. Mengajarkan Disiplin dan Menghargai



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"