Manfaat Berenang Bagi Lansia dan Tips Aman Saat Melakukannya

Manfaat Berenang Bagi Lansia dan Tips Aman Saat Melakukannya

Salah satu olahraga yang dilakukan orang tua atau lansia adalah berenang. Para lansia memilih berenang bukan tanpa alasan karena harus melakukan olahraga agar kesehatan tetap terjaga. Memang tidak semua olahraga cocok untuk lansia. Olahraga untuk lansia memiliki ragam manfaat. Mulai dari peredaran darah menjadi lancar, otot dan sendi jadi kuat, hingga mengurangi terjadinya penyakit stroke, jantung hingga diabetes. Lalu apa manfaat berenang bagi lansia?

Kinerja Otak Terjaga

Berenang bukan hanya olahraga untuk menjaga kesehatan fisik semata. Kinerja otak para lansia juga tetap terjaga dengan melakukan berenang. Maklum saja orang tua atau lansia memiliki kondisi otak yang menurun 5 persen di fase-fase tertentu, contohnya dimulai setelah menginjak usia 40 tahun. 

American Academy of Neurology di Kanada pernah melakukan penelitian bahwa lansia yang melakukan kegiatan olahraga rutin seperti berenang, memiliki otak yang lebih besar dan aktif dibandingkan dengan lansia yang tidak melakukan olahraga sama sekali. 

Mencegah Terjadinya Osteoporosis

Penyakit yang sering dialami orang tua adalah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Hal itu terjadi karena kondisi orang tua yang tidak memiliki banyak energi dan kurang beraktivitas seperti anak-anak muda. Osteoporosis memang bisa dicegah dengan berbagai cara, selain rutin bergerak dan minum susu, berenang bisa jadi faktor.

Manfaat berenang bagi lansia sebagai olahraga yang cukup aman karena kemungkinan kecil lansia untuk terjatuh dan mengalami patah tulang. Berenang bisa menambah kekuatan otot di seluruh tubuh. Saat berenang otot di tubuh akan bekerja dan bisa meningkatkan keseimbangan hingga membantu jadi tulang jadi rileks.

Manfaat Berenang Bagi Lansia

Stres Berkurang

Manfaat berenang bagi lansia terkait soal stres yang berkurang. Lansia yang hanya berdiam diri di rumah tentu rentan terkena stres. Jika didiamkan begitu saja, akan tidak baik bagi orang tua tersebut karena faktor stres memicu gangguan kesehatan dan menyerang mental atau psikis. Olahraga seperti berenang bisa dipilih lansia untuk bisa membuat mental jadi stabil.

Perasaan dan pikiran lansia jadi tenang dan terkendali Seorang peneliti bernama Daniel Landers pernah melakukan penelitian bahwa melakukan olahraga bisa mengatasi munculnya depresi. Obat penenang pun seakan tak bermanfaat bila dibandingkan dengan olahraga rutin, salah satunya berenang.

Daya Tahan Tubuh Meningkat

Semua olahraga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Belum lagi kemunculan beberapa hormon seperti dopamin, adrenalin, endorfin, dan serotonin. Saat berenang akan memproduksi hormon-hormon tersebut dan bisa menambah daya tahan tubuh. Sentuhan dan air dalam kolam renang bisa menimbulkan suasana rileks dan nyaman.

Sarana Rekreasi

Berenang menjadi salah satu olahraga yang bisa dilakukan bersama anggota keluarga. Misalnya lansia bisa berenang bersama anak-anak dan para cucunya. Berenang bersama keluarga tentu menjadi proses yang menyenangkan. Berenang bisa dijadikan lansia sebagai sarana rekreasi dan quality time dengan keluarga. Perasaan lansia akan senang dengan beraktivitas bersama keluarga.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"