Kapan FIBA World Cup 2023 Digelar? Catat Tanggalnya Nih dan Cek Kesiapan Indonesia Jadi Tuan Rumah

Kapan FIBA World Cup 2023 Digelar? Catat Tanggalnya Nih dan Cek Kesiapan Indonesia Jadi Tuan Rumah

Tahun 2023 Indonesia mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah ajang basket terbesar di dunia yakni FIBA World Cup 2023 atau Piala Dunia Basket. Indonesia tidak sendiri menjadi ruan rumah karena bersama beberapa negara Asia seperti Filipina dan Jepang. Lantas kapan FIBA World Cup 2023 digelar? 

Pertanyaan kapan FIBA World Cup 2023 digelar menjadi banyak pertanyaan pencinta basket di seluruh Indonesia. Yang jelas jadwal FIBA World Cup 2023 sudah resmi dikeluarkan yakni pada tanggal 25 Agustus 2023 hingga 10 September 2023. Sayangnya Indonesia meski jadi salah satu tuan rumah tidak akan mengirim wakil timnas basket dalam ajang tersebut karena timnas basket tidak lolos babak kualifikasi.

FIBA World Cup memang berbeda jika dibandingkan dengan Piala Dunia dalam sepak bola. Jika pada perhelatan Piala Dunia sepak bola, negara yang menjadi tuan rumah tidak perlu mengikuti babak kualifikasi karena dinyatakan lolos sebagai peserta. Meskipun Indonesia tidak menjadi peserta tetapi pemerintah sudah siap menyambut FIBA World Cup 2023 agar berjalan dengan sukses.

Misalnya ada rencana Perbasi sebagai induk bola basket di Indonesia akan menyelenggarakan sebuah turnamen basket untuk menyambut FIBA World Cup 2023 mendatang. Turnamen itu sebagai uji coba jelang FIBA World Cup 2023, mulai dari mengecek kesiapan venue pertandingan, para panitia atau official, dan hal teknis lainnya. 

Kapan FIBA World Cup 2023 Digelar (FIBA.basketball)

Nah setelah mengetahui kapan FIBA World Cup 2023 tentu yang menarik dibahas adalah lokasi venue FIBA World Cup 2023 di Indonesia di Indoor Multifunction Stadium atau IMS yang berada di dalam kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. IMS bisa dibilang menjadi salah satu stadion indoor yang cukup baru di Indonesia.

Stadion yang cocok digunakan sebagai venue olahraga basket, tenis, bulu tangkis, dan voli ini memiliki teknologi yang cukup canggih. IMS punya topping-off atau atap yang bisa dibuka dan ditutup secara otomats. Luas IMS 50.398 meter dan bisa memuat jumlah penonton sebanyak 16.523 orang. IMS menjadi salah satu stadion indoor terbesar yanga da di Indonesia. 

Untuk peserta FIBA World Cup 2023 terdiri dari negara-negara yang berasal dari beberapa benua yakni Afrika, Eropa, Amerika, dan Asia. Untuk peserta dari Afrika ada negara Angola, Tanjung Verde, Pantai Gading, Mesir, dan Sudan Selatan. Kemudian wakil dari Amerika sudah pasti Amerika Serikat, Brasil, Kanada, Republik Dominika, Meksiko, Puerto Riko, dan Venezuela.

Kemudian peserta FIBA World Cup 2023 dari Eropa yakni Prancis, Finlandia, Georgia, Jerman, Yunanti, Italia, Latvia, Lituania, Montenegro, Slovenia, Spanyol, dan Serbia. Dan wakil dari benua Asia adalah Filipina, Jepang, Australia, Cina, Iran, Lebanon, dan Selandia Baru. Hanya Indonesia yang jadi tuan rumah FIBA Wolrd Cup 2023 namun tidak tampil sebagai peserta. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"