Jenis-jenis Lay Up Bola Basket dan Tips untuk Melakukannya

Jenis-jenis Lay Up Bola Basket dan Tips untuk Melakukannya

Dalam olahraga bola basket, lay up merupakan salah satu cara yang dilakukan pemain untuk mendapatkan poin. Lay up bola basket menjadi teknik yang harus dilakukan pemain dengan baik. Pada dasarnya lay up adalah memasukkan bola basket dengan menembak sembari melompat ke ring basket. Banyak pemain basket melakukan lay up agar terhindar blok dari lawan.

Lalu bagaimana cara melakukan lay up dengan baik? Langkah pertama yang harus dilakukan saat lay up adalah bola lebih dulu dikuasai oleh pemain yang akan melakukan lay up. Lakukan dribble sambil membuka pertahanan lawan. Saat ingin mendekati ring basket lawan, usahakan melangkah dengan tepat dan kecepatan harus ditingkatkan.

Kemudian pemain yang melakukan lay up harus melompat dengan setinggi mungkin menggunakan kaki yang berlawanan atau bisa sama dengan tangan yang digunakan untuk menembak bola. Misalnya menembak dengan tangan kanan maka memakai kaki kiri untuk melompat lebih dulu.

Jenis-jenis Lay Up Bola Basket dan Tips untuk Melakukannya (Kompas.com)

Setelah bola masuk dengan lay up, harus diperhatikan untuk kaki melakukan pendaratan pada titik yang benar supaya mengurasi risiko cidera. Kemudian kembali ke posisi bertahan karena lawan akan memulai membangun serangan. 

Lay up dilakukan dalam situasi terbuka, sehingga momen transisi dari defense menuju offense atau pergerakan tanpa bola untuk meloloskan diri dari penjagaan. Berikut ini ada beberapa jenis lay up yang ada dalam bola basket. 

Reserve Lay Up

Lay up bola basket ini menggunakan tumpuan satu kaki yang berlawanan dengan tangan untuk menembak. Bila ingin melakukan lay up ini dari sisi kanan ring basket menggunakan tangan kanan, tumpuan kaki terakhir adalah kaki kiri dengan akhir gerakan mengayun yang rileks agar bola masuk dengan sempurna.

Power Lay Up

Beda lagi dengan power lay up. Jenis lay up ini adalah lay up dengan memakai dua kaki sebagai tumpuan sebelum melakukan ayunan tembakan bola. Power lay up biasanya dilakukan dalam situasi yang sulit . Tujuan dilakukan lay up ini untuk menjaga keseimbangan lompatan dan tembakan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"