Ini yang Dilakukan Lionel Messi Saat Pensiun dari Sepak Bola

Ini yang Dilakukan Lionel Messi Saat Pensiun dari Sepak Bola

Tahun 2024 mendatang usia Lionel Messi memasuki 37 tahun. Sebagai pesepak bola usia tersebut sudah memasuki usia senja sebagai pemain professional. Lalu apakah pada usia 37 tahun Lionel Messi pensiun? Jika nanti pensiun dari sepak bola, akankah Messi memutuskan jadi pelatih atau malah jadi pemilik klub?

Dalam wawancaranya dengan media beberapa bulan lalu, pemain Inter Miami ini memang belum memikirkan soal kapan dirinya gantung sepatu. Baginya Messi ingin menikmati apa yang dijalani sekarang sebagai pesepak bola. Jadi jangan pernah sekali-sekali bertanya kapan Messi akan pensiun dari sepak bola?

“Saya belum memikirkannya (pensiun). Saya mengambil langkah besar dengan meninggalkan Eropa dan datang ke Amerika. Saya ingin terus menikmati permainan sebanyak-banyaknya, itulah yang paling saya sukai,” tegas Messi kepada Diario AS. Memang Messi terlihat masih semangat bermain bersama Inter Miami. Bisa jadi Inter Miami akan menjadi tim terakhir Messi sebelum pensiun.

Lionel Messi Kapan Pensiun (detikcom)

Namun jika berandai-andai nanti pensiun, apakah Lionel Messi sudah menyiapkan rencana? Tentu Messi sudah memiliki rencana besar. Sejauh ini dia mengaku akan tetap berada dalam dunia sepak bola. Bila sebagai pemain Messi berada di dalam lapangan saat nanti pensiun ayah tiga anak ini lebih ingin berada di pinggir lapangan.

Messi tidak ingin menjadi pelatih klub. Namun dia berencana menjadi direktur olahraga sebuah klub. Direktur olahraga adalah jabatan yang cukup mentereng dalam sebuah klub. Direktur olahraga berada dalam manajemen yang bertanggung jawab dalam menentukan pelatih dan pemain-pemain di klub tersebut, termasuk mengurus soal perpindahan pemain atau transfer.

Beberapa eks pemain sepak bola top dunia yang menjadi direktur olahraga antara lain Paolo Maldini di AC Milan, Peter Cech di Chelsea, Hasan Salihadmizic di Bayern Munchen, hingga Marc Overmars di Ajax Amsterdam. Keempat nama itu juga menjadi legenda di klub-klub dimana mereka menjabat sebagai direktur olahraga.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"