5 Stadion Terbesar di Indonesia, Nomor 1 Pernah Jadi Pro Kontra

5 Stadion Terbesar di Indonesia, Nomor 1 Pernah Jadi Pro Kontra

Sepak bola merupakan olahraga nomor satu di Indonesia. Makanya di Indonesia dibangun banyak stadion sepak bola. Stadion di Indonesia itu memiliki kapasitas yang sangat besar, bahkan ada yang lebih dari 80 ribu kursi penonton. Stadion terbesar di Indonesia tersebut menjadi kebanggaan orang Indonesia tentunya.

Memang stadion-stadion yang memiliki kapasitas sangat besar itu akhirnya tidak hanya dijadikan venue pertandingan sepak bola saja, kadang stadion itu digunakan untuk tempat perhelatan konser musik artis luar dan dalam negeri. Stadion mana saja yang masuk dalam daftar stadion terbesar di Indonesia.

Jakarta International Stadium

Stadion terbesar di Indonesia pertama adalah Jakarta International Stadium atau JIS. Lokasi JIS berada di Jakarta Utara. Stadion ini memiliki kapasitas penonton sebanyak 82.000 Desain JIS mirip dengan stadion-stadion di benua Eropa dengan teknologi mutahir, misalnya atap yang bisa dibuka dan ditutup serta kualitas penerangan kelas dunia.

Meski jadi stadion terbesar di Indonesia, namun hingga akhir tahun 2022, stadion yang dibangun di era kepemimpinan Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta belum pernah sekali pun dijadikan lokasi pertandingan timnas Indonesia. Digadang-gadang jadi kandang timnas Indonesia di Piala AFF 2022 pun urung dilakukan PSSI.

Kabarnya masih ada kekurangan yang ada di stadion tersebut. Bahkan hal itu menimbulkan pro kontra di kalangan masyarakat. Kenapa stadion yang biaya pembangunannya sangat besar namun fasilitasnya masih dipertanyakan, termasuk lahan parkir di luar stadion yang dianggap kurang memadai.

Putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep diduga pernah menyindir JIS. Suami Erina Gudono ini menyebut JIS disebut tidak layak menggelar pertandingan karena namanya menggunakan nama Jakarta. “Coba aja kalo namanya JawaBarat International Stadium pasti auto standar FIFA,” tulisnya. Pihak FIFA sudah memberikan penilaian bahwa JIS tidak layak menggelar pertandingan internasional karena infrastruktur dianggap kurang layak. Berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI, JIS belum memenuhi kelayakan 100 persen infrastruktur.

Stadion Terbesar di Indonesia (Laros Media)


Gelora Bung Karno

Stadion terbesar di Indonesia di urutan ke-2 adalah Gelora Bung Karno alias GBK. Stadion yang dulunya bernama Stadion Utama Senayan terkenal sebagai stadion yang sudah menghelat pertandingan sepak bola dan olahraga lainnya seperti atletik. Stadion berkapasitas 76.127 tempat duduk ini pernah dipakai untuk upacara pembukaan ajang SEA Games hingga ASIAN Games.

Kondisi GBK juga sudah direnovasi menjelang ASIAN Games 2018. Jumlah kursi penonton pun dikurangi. Saat ini GBK menjadi stadion nomor satu di Indonesia karena memiliki ragam fasilitas yang lengkap. Alhasil saat timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2022 lalu, menggunakan GBK sebagai kandang.

Karena memiliki kapasitas penonton yang banyak dan berada di daerah yang strategis, GBK juga sering digunakan untuk venue acara musik. Sudah banyak artis luar negeri yang konser di GBK seperti One Direction, Metallica, dan BLACKPINK yang berencana menggelar konser pada bulan Februari mendatang. 

Stadion Utama Palaran

Kemudian ada Stadion Utama Palaran. Stadion berkapasitas 60.000 penonton ini berada di Samarinda, Kalimantan Timur. Stadion ini menjadi stadion kebanggaan warga Samarinda dan orang Kalimantan. Stadion ini sangat megah dan dibangun untuk menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) 2008 lalu.

Arsitektur yang modern membuat Stadion Palaran ini menjadi stadion nomor satu di Kalimantan saat ini. Klub Persisam Samarinda pernag bermarkasi di stadion ini. Kabarnya stadion ini juga akan menjadi salah satu rekomendasi tempat berlangsungnya Olimpiade yang sedang diperjuangkan dilakukan di Indonesia pada 2038 mendatang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"