Dribbling Bola Basket, Lengkap dengan Teknik dan Jenis-jenisnya

Dribbling Bola Basket, Lengkap dengan Teknik dan Jenis-jenisnya

Dribbling bola basket merupakan teknik menggiring bola dalam olahraga bola basket yang cukup penting. Jika dalam olahraga sepak bola menggiring bola memakai tangan, sementara dribbling bola basket menggunakan tangan. Dribbling bola basket merupakan teknik dasar dalam olahraga bola basket. Tertarik berolahraga basket, tentu harus bisa melakukan dribble bola basket lebih dulu.

Dribbling bola dalam basket memiliki tujuan untuk membawa bawa bola saat melakukan penyerangan kepada tim lawan. Dribbling bola basket dimulai dari bagian pertahanan sendiri menuju pertahanan lawan. Dribbling bola basket harus dilakukan dengan benar untuk melewati lawan dan membawa bola untuk dimasukkan ke dalam ring basket.

Jangan sampai saat melakukan dribbling bola basket, lawan bisa melakukan steal atau mencuri bola dan mencetak point. Dribbling bola basket juga tidak dilakukan sembarangan karena saat pemain membawa bola atau dribbling lebih dari tiga langkah tanpa memantulkan ke lapangan bisa dinyatakan pelanggaran yang merugikan tim dan menguntungkan lawan. Lalu seperti apa teknik yang benar dalam melakukan dribbling bola basket?

Dribbling Bola Basket, Lengkap dengan Teknik dan Jenis-jenisnya (DIECOACH)

Posisi Kepala

Saat melakukan dribbling bola basket usahakan posisi kepala tegak dan tetap terangkat. Gestur tubuh pun tegap. Sebab jika posisi kepala tegak, membuat mata bisa melihat situasi sekitar, apakah ada lawan yang menjaga atau melihat posisi rekan satu tim, sehingga bisa dioper bola. Jangan sekali-sekali saat melakukan dribble bola basket, pandangan mata fokus kepada bola.

Gerakan Tangan

Posisi tangan saat dribbling bola basket juga harus diperhatikan. Retangkanlah tangan dan jentikkanlah pergelangan tangan untuk memantulkan bola ke lapangan. Gunakan jari-jari di tangan kanan atau kiri untuk mengontrol bola, jangan menggunakan telapak tangan saat melakukan dribbling bola basket.

Pantulan Bola

Ketika sedang melakukan dribbling bola basket usahakan jangan memantulkan bola basket terlalu tinggi karena bisa menyulitkan saat membawa bola. Selain itu ketika bola dipantulkan terlalu tinggi, justru misa memudahkan lawan untuk mencuri bola dan melakukan serangan balik ke pertahanan. 

Gunakan Bagian Tubuh Lain

Memang dalam proses dribbling bola basket, organ tubuh yang paling berperan adalah tangan. Namun kita sebenarnya bisa menggunakan bagian tubuh lain untuk melakukan teknik dribbling bola basket. Tentu untuk dribbling tetap menggunakan tangan, namun bagian tubuh lain bisa difungsikan untuk melindungi bola. Misalnya kaki, dada, dan punggung ketika melakukan dribbling mundur.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"