6 Olahraga Sebelum Naik Gunung Ini Penting Dilakukan, Biar Mendaki Jadi Lancar

6 Olahraga Sebelum Naik Gunung Ini Penting Dilakukan, Biar Mendaki Jadi Lancar

Naik gunung diperlukan fisik yang prima. Salah satu menjaga fisik dan stamina adalah lakukan olahraga. Olahraga sebelum naik gunung ini bisa banget dilakukan sekitar sebulan jelang pendakian. Olahraga ini bisa dilakukan di rumah dan sekitar rumah. Berikut 6 olahraga sebelum naik gunung yang bisa dicoba. 

Jalan Kaki

Jalan kaki menjadi olahraga sederhana yang bisa dicoba sebelum mendaki gunung. Usahakan setiap hari melakukan jalan kaki rutin selama 30-40 menit. Setelah berjalan kaki di jalanan yang lurus, cobalah mencari rute baru dengan kondisi jalan yang berbeda yakni jalan menanjak sebagai latihan mendaki gunung. 

Saat melakukan olahraga jalan kaki, bisa juga ditambahkan dengan membawa beban berat yang disimpan di dalam tas lalu diletakan di punggung. Jadi saat nanti mendaki gunung, tidak akan kaget bila harus berjalan kaki sambil membawa tas yang berat karena berisikan perlengkapan naik gunung.

Naik dan Turun Tangga

Latihan ini mirip dengan jalan kaki namun dilakukan di dalam rumah. Jika di rumah ada lantai dua tentu ada tangga yang bisa dipakai untuk berlatih stamina. Caranya juga gampang dengan berjalan kaki dari anak tangga paling bawah menuju anak tangga paling atas. Setelah sampai di atas kemudian turun ke anak tangga paling bawah. Lakukan beberapa kali dalam waktu sekitar 15 menit setiap hari. 

Olahraga Sebelum Naik Gunung (SPIN Esports)

Squat Satu Kaki

Olahraga sebelum naik gunung berikutnya adalah melakukan squat satu kaki. Squat satu kaki bisa melatih otot paha depan dan belakang serta bokong. Caranya dengan menaruh lengan kiri pada dinding dengan bertumpu pada kaki kiri sebagai keseimbangan. Kemudian tekuk kaki kanan ke belakang dan tubuh harus tegak.

Kemudian turunkan tubuh ke lantai secara perlahan dengan menekuk lutut kiri. Jangan sampai lutut maju melebihi jari-jari kaki. Lalu perhalan berdiri kembali. Ulangi beberapa kali dengan kaki yang bergantian.

Step Up & Step Down

Step up dan step down adalah gerakan dengan cara meletakan kaki kiri pada tangga atau undakan dengan tinggi sekitar 20-30 cm. Langkahkan kaki kanan sejajar dengan kaki kiri. Lalu turunkan kaki kiri dan kemudian diikuti dengan kaki kanan agar sejajar dengan kaki kiri. Turunkan kaki kiri dan diikuti dengan kaki kanan. Latihan ini bisa ditambah dengan memegang dumbell di samping tubuh.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"