Jangan Sampai Salah! Ini Tingkat Kolesterol Pada Daging Sapi vs Kambing, Mana Yang Lebih Sehat?

Jangan Sampai Salah! Ini Tingkat Kolesterol Pada Daging Sapi vs Kambing, Mana Yang Lebih Sehat?

Hari Raya Idul Adha umumnya diwarnai dengan kehadiran daging hewan kurban berupa daging sapi atau daging kambing. Daging itu kemudian diolah menjadi berbagai macam menu untuk disantap bersama keluarga,

Meski begitu, tidak jarang orang lebih memilih untuk mengonsumsi daging sapi karena dianggap lebih 'ramah' untuk kolesterol. Benarkah daging sapi lebih sedikt mengandung kolesterol dibandingkan daging kambing? Berikut penjelasannya!

Tingkat Kolesterol Dan Nutrisi Daging Sapi vs Daging Kambing

lustrasi Daging Sapi dan Daging Kambing (Grid.id)

Ternyata, anggapan daging sapi lebih rendah kolesterolnya adalah mitos. Faktanya, berdasarkan laporan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), kandungan kolesterol pada daging kambing justru lebih rendah daripada daging sapi.

Selain itu, kandungan lemak total, protein serta kalori kambing pun relatif lebih rendah dibandingkan daging sapi, domba maupun ayam. Di mana, sekitar 85 gram daging kambing mengandung 122 kalori, 2,6 gram lemak, serta 64 miligram kolesterol. 

Sementara, daging sapi dalam porsi yang sama punya kandungan sebesar 179 kalori, 7,9 gram lemak dan 73,1 miligram kolesterol. Tak hanya itu, menariknya lagi, daging kambing juga mengandung zat besi dalam jumlah lebih tinggi daripada daging sapi. 

Sekitar 85 gram daging kambing mengandung 3,73 gram zat besi, sedangkan zat besi pada daging sapi dengan berat yang sama hanya sekitar 2,24 gram. Dengan begitu, daging kambing dinilai punya kandungan nutrisi yang lebih baik dari daging sapi.

Mana Yang Lebih Sehat Daging Sapi Atau Kambing?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"