Susah Cari Nanas? 4 Bahan Alami Ini Juga Bisa Bikin Daging Kambing Empuk, Mudah Ditemukan Di Dapur

Susah Cari Nanas? 4 Bahan Alami Ini Juga Bisa Bikin Daging Kambing Empuk, Mudah Ditemukan Di Dapur

Nanas merupakan salah satu bahan yang biasa digunakan untuk marinasi daging kambing . Bahan alami ini berguna untuk membuat daging lebih empuk. Namun bagaimana kalau mendadak nanas sulit didapatkan dan harganya melambung tinggi di momen Idul Adha ini?

Pasalnya, banyak orang yang membutuhkan nanas untuk mengolah daging kambing yang didapat dari kurban di Hari Raya Idul Adha. Buat yang tidak terbiasa mengolahnya, mungkin kamu akan kerepotan dan kebingungan untuk membuat daging kambing tidak alot.

Pasalnya, mengolah daging kambing memang gampang-gampang susah. Salah cara memasaknya malah membuat makanan jadi keras dan berbau prengus. Lantas apalagi bahan alami yang bisa dipakai untuk membuat daging kambing empuk selain nanas? Scroll artikel berikut ini!

1.    Baking Soda

Foto: Cara Olah Daging Kambing (Grid.ID)

Baking soda juga bisa dipakai pada daging kambing untuk membuatnya cepat empuk dan tidak bau. Tapi sebaiknya tidak terlalu banyak memakainya karena bisa mengubah rasa daging menjadi pahit. Cara menggunakannya, kamu hanya perlu membalurkan 1/4 sdt baking soda untuk 250 gram daging yang sudah dipotong-potong. Setelahnya simpan daging tersebut di wadah tertutup rapat dan diamkan di kulkas selama minimal satu jam. Sebelum diolah, daging kambing harus dicuci dan dibilas lebih dulu.

Tapi selain itu, kamu juga bisa menambahkan sedikit baking soda saat merebus daging kambing. Jadi saat daging kambing direbus dengan rempah-rempah seperti daun jeruk, daun salam, serai, lengkuas, jahe, dan asam jawa, kamu dapat menambahkan sedikit baking soda ke dalamnya. Kemudian, rebus sampai daging kambing mencapai tingkat keempukan yang diinginkan.

2.    Daun Pepaya

Daun-daunan juga bisa dimanfaatkan untuk melembutkan dan mengatasi bau tidak sedap pada daging kambing. Caranya, cuci daging kambing lalu remas-remas. Setelahnya, kamu hanya perlu membungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya dan diamkan kurang lebih selama satu jam. Nantinya, enzim dalam daun pepaya akan bekerja membuat daging kambing lebih empuk.

Jadi kalau sudah menggunakan daun pepaya, kamu tidak perlu lagi memasaknya dalam waktu yang sangat lama. Kalaupun tidak memiliki daun pepaya, kamu juga bisa memanfaatkan daun jambu atau daun jati untuk membungkus daging kambing.

3.    Cuka Apel



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"