5 Manfaat Edamame untuk Kesehatan, Pilihan Camilan Sehat saat Diet!

5 Manfaat Edamame untuk Kesehatan, Pilihan Camilan Sehat saat Diet!

Edamame merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang banyak dijadikan camilan saat tengah diet atau menurunkan berat badan.

Kacang yang mulanya dikenal sebagai makanan masyarakat Jepang ini kian diminati orang Indonesia untuk diolah sebagai campuran masakan maupun camilan sehari-hari.

Selain memiliki rasa yang enak, edamame juga kaya kandungan nutrisi. Kedelai berwarna hijau ini kaya protein dan kalsium, tapi rendah kalori dan kolesterol. Hal tersebut menjadikan edamame cocok dikonsumsi saat diet.

 

Berikut sejumlah manfaat edamame untuk kesehatan dihimpun dari berbagai sumber:

1. Edamame Tinggi Protein

Selama diet, tubuh perlu mendapatkan cukup protein. Mengonsumsi makanan berprotein dapat membuat kenyang lebih lama. Selain itu, protein juga diperlukan tubuh untuk membangun otot menjadi lebih kuat.

Makanan yang mengandung protein nggak cuma terkandung dalam sumber hewani, tapi juga nabati seperti kacang. Kacang-kacangan, termasuk edamame. Edamame adalah salah satu sumber protein nabati terbaik.

Dalam sekitar 155 gram edamame yang telah dimasak, terdapat sekitar 18,5 gram protein. Selain itu, kedelai adalah sumber protein utuh yang menyediakan asam amino esensial.

2. Edamame Rendah Kalori

Bagi kamu yang sedang menjalani diet rendah kalori dan karbohidrat, edamame bisa menjadi pilihan makanan sehat. Edamame bisa disajikan sebagai menu rendah kalori yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Dilansir dari Livestrong, setengah cangkir edamame hanya mengandung 95 kalori. Cara terbaik mengonsumsi edamame adalah dengan direbus atau dikukus. Merebus maupun mengukus edamame disarankan tidak terlalu lama agar nutrisinya tidak hilang.

Manfaat Edamame untuk Kesehatan (KlikDokter)

3. Bantu Turunkan Kolesterol

Mengutip WebMd, edamame dipercaya dapat membantu mengurangi kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh. Edamame adalah sumber protein kedelai yang baik yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL pada manusia.

Selain itu, senyawa dalam edamame dapat menekan risiko penyakit jantung dan meningkatkan profil lipid darah, termasuk kolesterol dan trigliserida.

4. Edamame Kaya Vitamin, Mineral, dan Serat

Edamame kaya vitamin dan mineral, terutama vitamin K dan folat. Di samping itu, edamame kaya akan serat yang dapat membantu penurunan berat badan. Makanan tinggi serat seperti edamame dapat membantu mengurangi rasa lapar berlebih karena bisa lebih mengenyangkan usai dimakan daripada makanan rendah serat.

Dalam setiap 1/2 cangkir edamame, terdapat 4 gram serat atau 16 persen dari nilai harian. Selain dijadikan camilan, edamame juga bisa dicampurkan ke dalam salad sebagai menu makan siang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"