Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Menjelang Menstruasi, Kira-kira Kenapa Ya?

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Menjelang Menstruasi, Kira-kira Kenapa Ya?

Tahukah kamu bahwa ada makanan dan minuman yang harus dihindari menjelang menstruasi agar tidak membuat PMS (premenstrual syndrome) bertambah parah? Terlebih lagi, bagi sebagian orang, pengalaman PMS merupakan pengalaman yang tidak nyaman yang harus dihadapi setiap bulan.

Untungnya, gejala tersebut ternyata bisa diatasi dengan mengatur pola makan, dan tentunya tidak memakan makanan yang membuat kondisi memburuk. Karena itu, supaya gejalanya tidak bertambah berat, yuk kita kenali apa saja makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari menjelang menstruasi!

1. Minuman dan Makanan Berkafein

1. Minuman dan Makanan Berkafein Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Menjelang Menstruasi (via Honest Docs)

Dalam buku Prescription for Natural Cures, dijelaskan bahwa mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, coklat dan minuman bersoda dapat membuat gejala-gejala yang biasanya muncul saat menstruasi semakin bertambah parah.

Gejala yang dimaksud seperti kram perut, perubahan mood dan nyeri payudara. Karenanya, selama haid usahakan kamu menghindari makanan dan minuman dengan kandungan kafein dan menggantinya dengan yang lebih menyehatkan.

2. Daging Merah

2. Daging Merah Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Menjelang Menstruasi (via Alodokter)

Sajian selanjutnya yang harus dihindari menjelang menstruasi berikutnya adalah daging merah. Hal ini karena di dalam daging merah terkandung zat besi yang juga mengandung prostaglandin.

Hormon prostaglandin sendiri diproduksi tubuh saat sedang menstruasi. Hormon ini membuat rahim berkontraksi dan juga mengeluarkan darah haid. Jika kadar prostaglandin terlalu tinggi, akan berefek pada kram perut. Karena itu, untuk menghindari kram perut, sebaiknya hindari memakan daging merah sebelum menstruasi agar kontraksi rahim tidak terlalu berat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"