Kenapa Bisa Telat Haid Tapi Negatif? Ini 5 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Kenapa Bisa Telat Haid Tapi Negatif? Ini 5 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Telat haid tapi negatif, kok bisa? Masa sih masih muda sudah menopause? Apakah ini pertanda penyakit serius? Mungkin kebingungan macam itu akan muncul ketika siklus menstruasi mendadak tidak teratur pada hasil tes kehamilan dinyatakan negatif. Jangan panik dulu ya!

Faktanya, telat haid bisa dipengaruhi oleh beberapa hal selain kehamilan. Ada faktor lain yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi tersebut di antaranya stres, perubahan berat badan, penggunaan obat tertentu, dan masih banyak lagi. Apakah kamu sedang mengalaminya? Mungkin beberapa hal berikut ini adalah penyebabnya:

1. Stres

Telat Haid Tapi Negatif Kehamilan (via Alodokter)

Kondisi stres ternyata memang membawa banyak dampak untuk tubuh. Selain memicu insomnia dan gangguan kesehatan, tingkat stres yang tinggi dapat memengaruhi siklus menstruasi dan mengakibatkan haid menjadi terlambat.

Stres kronis, seperti masalah pekerjaan, tekanan emosional, atau perubahan gaya hidup yang signifikan, dapat mengganggu produksi hormon yang mengatur siklus menstruasi. Karenanya, pastikan kamu menerapkan pola hidup sehat dan melakukan aktivitas yang bisa meredakan stres.

2. Penyakit atau Infeksi Tertentu



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"