Ini Cara Menghindari Impulsive Buying Biar Kamu Nggak Boros

Ini Cara Menghindari Impulsive Buying Biar Kamu Nggak Boros

Kamu suka membeli barang-barang yang tidak seberapa diperlukan hanya karena iseng atau sedang ada diskon? Wah, kalau kamu suka melakukan hal tersebut, kamu wajib tahu nih cara menghindari impulsive buying biar nggak boros.

Impulsive buying merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan kebiasaan seseorang yang suka berbelanja secara tiba-tiba dan tanpa perhitungan yang matang. Keputusan yang diambil lebih mengedepankan emosi daripada logika.

Biasanya seseorang yang impulsive buying membeli barang yang tidak benar-benar dibutuhkan. Mereka membeli barang-barang tersebut karena tertarik pada diskon dan takut kehilangan kesempatan tersebut.

Bila hal ini menjadi kebiasaan maka akan berdampak kurang baik bagi pelakunya. Lantas, bagaimana cara menghindari kebiasaan impulsive buying agar tidak boros?

1. Pahami Kebutuhan dan Skala Prioritas

Cara Menghindari Impulsive Buying (via Jojonomic)

Cara pertama untuk menghindari impulsive buying adalah dengan membedakan mana keinginan dan kebutuhan. Dengan begitu, kamu jadi bisa membelanjakan uang secar tepat dan bisa menghindari barang yang tidak perlu.

Selain itu, kamu juga harus tahu kebutuhan mana yang kamu prioritaskan terlebih dahulu. Kalau kamu kesulitan, kamu bisa membuat daftar prioritas barang yang dibutuhkan sebelum pergi berbelanja.

2. Stop Paylater



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"