Bekal Ramadan: Pentingnya Mengatur Keuangan Saat Mudik Biar Gak Boncos

Bekal Ramadan: Pentingnya Mengatur Keuangan Saat Mudik Biar Gak Boncos

Sudah siap untuk mudik? Menjelang hari raya Idul Fitri yang tinggal menghitung hari banyak orang yang sudah siap-siap untuk pulang ke kampung halaman. Yang tak boleh lupa disiapkan saat mudik adalah pengelolaan keuangan atau mengatur keuangan.

Banyak pengeluaran yang disiapkan untuk mudik. Mulai dari biaya transportasi hingga keperluan selama di perjalanan seperti BBM, biaya makan buka puasa atau sahur, dan keperluan mendadak lainnya. Lalu seperti apa cara yang tepat untuk mengatur keuangan saat mudik?

Yang pertama harus dilakukan adalah membuat pos-pos pengeluaran. Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa pengeluaran saat mudik sangat besar. Misalnya tiket bus, kereta api, pesawat, atau kapal laut yang pasti naik hampir 100 % setiap lebaran. Jangan lupa sisihkan untuk biaya makan selama di perjalanan.

Mengatur Keuangan Saat Mudik (UMSU)

Sebenarnya untuk mengurangi biaya makan di perjalanan untuk buka puasa atau sahur, bisa dilakukan dengan membawa bekal makanan dari rumah. Membawa bekal akan membuat kita tak perlu membeli makan di luar. Makanan yang kita masak sendiri juga lebih sehat dan higienis. 

Ini khusus pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Sebelum berangkat usahakan sudah mengetahui berapa kisaran biaya BBM yang akan dipakai untuk berangkat dan pulang menuju dan dari kampung halaman. Termasuk biaya tol agar dananya disiapkan sebelum berangkat.

Menyiapkan oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman juga menjadi yang disiapkan pemudik. Usahakan membeli oleh-oleh yang tidak terlalu mahal namun memiliki makna yang berkesan bagi saudara di kampung halaman.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"