Tanggung Jawabnya Berat, Ini 7 Tips Mengatur Keuangan untuk Sandwich Generation

Tanggung Jawabnya Berat, Ini 7 Tips Mengatur Keuangan untuk Sandwich Generation

Mengatur keuangan untuk sandwich generation bisa menjadi tugas yang cukup rumit. Bagi yang belum tahu, sandwich generation adalah golongan yang memiliki tanggung jawab merawat dan membesarkan anak-anak, namun di sisi lain memiliki orang tua yang sudah lanjut usia dan membutuhkan perhatian lebih. Sebagai generasi yang merawat anak-anak sekaligus orang tua, tentunya kamu bakal dihadapkan pada tanggung jawab finansial ganda.

Karena itu, kamu perlu mengelola dengan baik agar kebutuhan semua anggota keluarga dapat terpenuhi dan tidak sampai masuk dalam jerat hutang dalam prosesnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang akan membantu kamu mengelola keuangan agar lebih efektif dan meminimalkan stres dalam situasi ini.

1. Diskusikan dengan Keluarga

Tips Mengatur Keuangan untuk Sandwich Generation (via IDX Channel)

Cara pertama mengatur keuangan untuk sandwich generation adalah dengan membuka komunikasi yang jujur dengan keluargamu tentang kondisi keuangan saat ini. Diskusikan tanggung jawab dan ekspektasi finansial dengan anak-anak dan orangtua. Ini akan membantu menghindari konflik dan mengatur harapan yang realistis.

2. Buat Rencana Keuangan yang Jelas



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"