Benarkah Menopause Bisa Menurunkan Kinerja Otak? Ini yang Sebenarnya Terjadi

Benarkah Menopause Bisa Menurunkan Kinerja Otak? Ini yang Sebenarnya Terjadi

Menopause mungkin menjadi salah satu fase yang cukup menakutkan bagi perempuan lantaran dianggap sebagai tahapan menuju penuaan. Selain akan muncul berbagai perubahan fisik, ada anggapan umum bahwa menopause dapat menyebabkan penurunan kinerja otak pada perempuan. 

Melansir laman Senior Care Lifestyles, beberapa perempuan melaporkan pengalaman "brain fog" atau kebingungan mental saat mengalami menopause. Selain itu, ada pula yang merasa mengalami kesulitan konsentrasi dan berpikir setelah memasuki jenjang ini. Namun, apa yang sebenarnya terjadi pada kinerja otak selama menopause? Benarkah menopause bisa menurunkan kinerja otak? Berikut penjelasannya:

1. Kadar Estrogen Menurun

Menopause Menurunkan Kinerja Otak (via HARIAN DISWAY)

Salah satu faktor utama yang terkait dengan perubahan kinerja otak selama menopause adalah penurunan kadar hormon estrogen. Estrogen memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan kimia otak, termasuk fungsi kognitif dan memori. Penurunan kadar estrogen dapat berdampak pada neurotransmiter otak dan struktur neuron, yang dapat mempengaruhi kinerja kognitif.

2. Muncul Brain Fog



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"