Pengertian Ide Pokok Adalah: Arti, Ciri & Cara Menemukannya

Pengertian Ide Pokok Adalah: Arti, Ciri & Cara Menemukannya

Ketika kita mempelajari bahasa Indonesia, pasti kita akan diajarkan soal ide pokok. Lalu sebenarnya apa sih ide pokok itu? Sederhananya, ide pokok adalah inti dari sebuah pembahasan yang terdapat dalam sebuah teks atau paragraf.

 

Dalam artian lain, ide pokok menjadi topik atau gagasan utama dari teks atau paragraf tersebut.

 

Ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk bisa menemukan sebuah ide pokok dalam sebuah bacaan. Nah, jika kamu ingin tahu bagaimana cara mengetahuinya, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Ide Pokok Adalah

Ide Pokok Adalah Ilustrasi orang membaca (idn times)

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ide pokok adalah rancangan pokok yang telah disusun dalam pikiran.

 

Menurut Nurhaena (2010), ide pokok adalah ide yang mendasari disusunnya sebuah paragraf dalam bacaan. Nantinya, ide pokok tersebut akan dikembangkan lagi dengan kalimat yang lebih detail yang dikenal dengan kalimat pendukung atau kalimat penjelasan.

 

Sementara menurut Nurhadi (2018), ide pokok adalah gagasan utama yang menjadi landasan dalam pengembangan karangan. Dengan adanya ide pokok serta didukung kalimat penjelas, maka paragraf dalam suatu bacaan dapat tersusun menjadi utuh.

 

Kedua penjelasan ahli di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa ide pokok adalah gagasan alias pemikiran utama yang mendasari sebuah bacaan atau teks. Tanpa adanya ide pokok, maka bacaan tersebut akan tidak jelas dan membingungkan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"