Usia Berapa Anak Boleh Ikut Olahraga Bela Diri? Simak Penjelasannya

Usia Berapa Anak Boleh Ikut Olahraga Bela Diri? Simak Penjelasannya

Saat ini banyak orangtua yang sudah memasukkan anaknya ke tempat latihan olahraga bela diri. Memang olahraga bela diri memiliki ragam manfaat untuk kesehatan anak. Seperti bisa menjaga kebugaran fisik, melatih motorik, melatih kesehatan mental, dan bisa mengontrol emosi pada anak. Lantas dari usia berapa anak ikut olahraga bela diri?

Tidak semua orangtua tau usia idealnya anak ikut latihan olahraga bela diri. Memang tidak ada aturan yang mengatur kapan anak bisa mulai ikut latihan bela diri.Namun sejumlah ahli menyarankan minimal usia anak 6 tahun sudah boleh ikut latihan olahraga bela diri. Memang kenapa anak harus berusia 6 tahun?

Sebab dalam usia 6 tahun mayoritas anak sudah bisa menerima dan mengikuti arahan atau instruksi dengan baik. Misalnya ketika ikut latihan bela diri tentu ada pengajar yang memberikan pelatihan. Anak bisa melakukan apa yang diminta oleh pengajar atau pelatihnya. Usia 6 tahun juga anak sudah bisa berlatih disiplin dan berpikir kritis.

Usia Berapa Anak Boleh Ikut Olahraga Bela Diri (Kumparan)

Setelah mengetahui usia berapa anak boleh ikut olahraga bela diri, orangtua juga harus mempertimbangkan beberapa jenis bela diri yang cocok untuk si buah hati. Jangan asal-asalan memilih olahraga bela diri karena kemauan sendiri karena harus mempertimbangkan berat atau tidaknya latihan untuk anak.Ini beberapa bela diri yang cocok untuk diajarkan kepada anak.

Taekwondo

Bela diri asal Korea ini sangat populer di Indonesia. Banyak anak-anak kecil yang sudah berlatih taekwondo sejak kecil. Taekwondo adalah bela diri yang banyak melatih jurus tendangan dan tangan. Bela diri ini bisa melindungi anak dari bahaya yang mengancam suatu hari nanti.

Pencak Silat

Selain taekwono, pencak silat juga jadi bela diri yang cocok dipilih oleh anak. Bela diri asli Indonesia ini tidak hanya melatih anak dalam segi fisik namun juga menumbuhkan mental yang kuat. Jurus pencak silat ada yang mengajarkan tentang latihan pernapasan yang membuat anak jadi tenang dalam hadapi tekanan.

Karate

Satu lagi bela diri yang cocok dilakukan anak yakni karakte. Jika taekwono banyak menggunakan bagian kaki, karate lebih menekankan unsur tangan. Bela diri ini melatih anak untuk bisa melindungi diri tanpa menggunakan senjata atau dengan tangan kosong. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"