Suporter Persib Bandung Namanya Bobotoh, Begini Asal Usulnya

Suporter Persib Bandung Namanya Bobotoh, Begini Asal Usulnya

Persib Bandung memiliki suporter fanatik yakni Bobotoh. Bobotoh berasal dari bahasa Sunda. Menurut kamus bahasa Sunda karya R. Satjadibrata Bobotoh berarti “orang yang menghidupkan semangat kepada orang atau binatang yang hendak berkelahi”. Bobotoh adalah sekelompok orang yang memberikan semangat untuk Persib Bandung.

Setiap Persib Bandung bertanding sudah pasti puluhan ribu Bobotoh memadati stadion di Bandung seperti Stadion Siliwangi, Stadion Si Jalak Harupat, hingga Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Bahkan ketika Persib Bandung menjalani pertandingan tandang, perwakilan Bobotoh juga hadir memberikan dukungan meski harus berpergian ke tempat jauh.

Kemunculan Bobotoh beriringan dengan perkembangan sepak bola di Jawa Barat. Sepak bola populer di Jawa Barat karena hadirnya klub Persib Bandung yang dulunya bernama Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond, kala itu berdiri tahun 1913 saat Indonesia masih penjajahan Belanda.

Bobotoh Suporter Persib Bandung (Tribun Jabar)

Namun beberapa kali oknum Bobotoh diduga melakukan kericuhan. Hal itu terjadi pada Minggu (26/11) lalu. Suporter Persib Bandung melakukan kerusuhan di Kabupaten Tangerang, Banten. Kala itu Persib Bandung bertanding melawan Dewa United. Persib menang dengan skor telak 1-5. 

Sayangnya kemenangan Persib Bandung ternoda dengan aksi anarkis oknum Bobotoh. Kabarnya kericuhan oknum Bobotoh dengan polisi dipicu oleh larangan polisi terhadap Bobotoh untuk menonton langsung pertandingan di Stadion Indomilik. Pertandingan tersebut dipastikan tanpa penonton.

Mungkin karena harus melakukan perjalanan jauh dari Bandung, ada segelintir oknum Bobotoh yang tidak terima dan memaksa masuk ke stadion. Mereka melempar benda-benda keras seperti batu dan kayu ke arah polisi. Awal mula kerusahan terjadi sekitar pukul 19.00 WIB. Peristiwa tersebut membuat banyak warga sekitar stadion ketakutan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"