Stadion JIS Jadi Polemik, Begini Sejarah Berdirinya

Stadion JIS Jadi Polemik, Begini Sejarah Berdirinya

Lagi dan lagi Stadion JIS atau Jakarta International Stadium kembali menjadi sorotan. Stadion ini kabarnya akan menjalani proses renovasi pada beberapa bagian seperti rumput lapangan dan fasilitas lain di stadion yang akan diperbaiki. Ada yang menyebut JIS tak layak sebagai stadion untuk berlangsungnya Piala Dunia U-17 2023 mendatang.

Padahal FIFA belum secara langsung mendatangi stadion yang berada di Jakarta Utara tersebut. Stadion JIS diresmikan saat Anies Baswedan menjadi Gubernur DKI Jakarta. Stadion itu merupakan stadion di Indonesia dengan jumlah kapasitas penonton paling besar mencapai 82 ribu tempat duduk.

Sebenarnya proses pembangunan Stadion JIS sudah cukup lama. Bermula pada tahun 2008 kala itu Gubernur DKI Jakarta saat itu Fauzi Bowo berniat untuk membangun stadion di wilayah DKI Jakarta. Di Jakarta Utara ada sebuah lahan disebut Taman BMW yang menjadi aset Pemprov DKI Jakarta.

Sejarah Stadion JIS (Detikcom)

Kala itu Taman BMW direncanakan akan disulap menjadi Stadion JIS. Sayangnya rencana pembangunan mengalami masalah, tentu soal masalah klasik yakni sengketa lahan yang tak selesai selama bertahun-tahun.

Saat Joko Widodo menjadi Gubernur DKI Jakarta tahun 2012, rencana pembangunan stadion di Taman BMW kembali menguat. Kebetulan bersamaan dengan rencana Pemprov DKI Jakarta akan membangun stadion untuk menggantikan Stadion Lebak Bulus yang akan digunakan sebagai stasiun MRT.

Jokowi yang akan dilantik jadi Presiden tahun 2014 sudah meminta untuk proses pembangunan stadion mulai dilakukan dan tak terus hanya menunggu saja. Proses masalah sengketa lahan mulai diselesaikan hingga akhirnya pada tahun 2019 saat Anies Baswedan menjadi Gubernur, proyek pembangunan mulai dilakukan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"