Pukulan Servis Bulu Tangkis: Jenis-jenis dan Manfaatnya untuk Mengecoh Lawan

Pukulan Servis Bulu Tangkis: Jenis-jenis dan Manfaatnya untuk Mengecoh Lawan

Servis bulu tangkis adalah pukulan yang dilakukan pemain bulu tangkis untuk memulai permainan dalam awal pertandingan atau usai salah satu pemain dapat angka. Jenis servis bulu tangkis ada beberapa macamnya. Manfaatnya pun berbeda-beda. Pemain akan menggunakan servis bulu tangkis disesuaikan dengan kondisi lawan. Berikut beberapa servis bulu tangkis.

Servis Pendek

Servis pendek menjadi servis yang paling sering dipakai dalam bulu tangkis. Servis ini bermanfaat untuk memindahkan kok sedekat mungkin di atas net. Kebanyakan servis ini dilakukan bagi pemain ganda.Servis pendek bisa dilakukan dengan forehand atau backhand.

Meskipun servis pendek dianggap mudah tapi jangan sembarangan melakukannya. Tidak sedikit saat melakukan servis pendek, kok malah menyangkut di net atau jatuh di garis luar pertahanan lawan. Makanya konsentrasi arus dilakukan. 

Kunci melakukan servis pendek adalah kok tidak dipegang lebih dari ketinggian 115 cm dari permukaan lapangan supaya tidak pelanggaran. Manfaat servis pendek agar lawan tidak mengembalikan kok dengan pukulan menyerang atau ofensif.

Servis Bulu Tangkis (Bola.com)

Servis Tinggi

Ada servis pendek maka ada juga servis tinggi. Servis bulu tangkis ini menggunakan teknik pukulan yang kuat. Kok akan diterbangkan tinggi dan jauh ke belakang pemain lawan. Servis tinggi cukup mudah dilakukan. Tapi ada kelemahan karena servis tinggi mudah untuk dibaca oleh lawan.

Pemain lawan bisa saja langsung mengembalikan servis tinggi dengan pukulan yang ofensif hingga melakukan smash langsung. Servis tinggi juga bisa menguntungkan lawan apabila kok terlalu dipukul terlalu kuat dan keluar dari pertahanan lawan.

Servis Drive

Beda lagi dengan servis drive. Servis drive dengan memukul kok dengan pukulan forehand. Servis ini bertujuan untuk membatasi pengembalian kok dari lawan dengan memanfaatkan kelengahannya. 

Servis drive menyasar kok jatuh di dalam pertahanan lawan sehingga mendapatkan angka. Servis drive dilakukan dengan pemain berdiri jauh di belakang garis servis agar kok bisa terbang melintasi net.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"