Begini Cara Memukul Kok Bulu Tangkis yang Benar, Bikin Lawan Jadi Gemetar

Begini Cara Memukul Kok Bulu Tangkis yang Benar, Bikin Lawan Jadi Gemetar

Bulu tangkis adalah olahraga yang bisa dimainkan atau dipertandingkan dalam segala umur, dari anak-anak hingga orang dewasa. Untuk peralatan bulu tangkis memang cukup dengan kok dan sebuah raket. Tapi cara memukul kok bulu tangkis yang benar memakai raket juga harus diketahui caranya. 

Dalam bulu tangkis terdapat beberapa jenis pukulan. Terdiri dari pukulan service, mengembalikan service, pukulan lob, hingga smash. Tiap pukulan dalam bulutangkis juga memiliki cara yang berbeda-beda. Berikut cara memukul kok bulutangkis yang benar. 

Pukulan Servis

Pukulan servis dalam bulu tangkis adalah memukul kok ke depan atau ke arah lawan. Servis dilakukan dengan memukul bagian depan kok. Dalam bulu tangkis ada beberapa jenis servis yakni forehand servis dan backhand servis.

Forehand servis ada dua macam yakni forehand pendek dan forehand tinggi. Forehand pendek dilakukan dengan mengayunkan raket tidak terlalu kuat. Sedangkan forehand tinggi memerlukan tenaga dalam memukul kok saat servis.

Sementara itu backhand servis adalah jenis pukulan kok servis dengan tenaga sedang, atau tidak kuat dan tidak melemah. Saat memukul kok backhand servis, tangan kanan memegangr aket, dan kaki kanan harus di baian depan.

Begini Cara Memukul Kok Bulutangkis yang Benar (Kumparan)

Pukulan Pengembalian Servis

Teknik cara memukul kok bulu tangkis untuk mengembalikan servis lawan terbagi atas dua. Yakni dropshot dan netting. Untuk dropshot untuk menyerang pergerakkan lawan. Dalam melakukannya pemain dapat memukul dengan sentuhan halus dan sedikit dorongan saat memukul kok. Sementara untuk pukulan netting adalah pukulan sulit dalam bulu tangkis karena pukulan pelan pada kok dan mengarahkan pada posisi jatuh kok sedekat mungkin dari net.

Pukulan Lob

Lob adalah jenis pukulan dalam bulu tangkis. Biasanya pemain yang melakukan lob karena sedang bertahan. Pukulan lob ini dilakukan dari bawah kepala dan dari atas kepala. Saat melakukan lob, pukulan kok lebih cepat dan arah lambungnya kok agak rendah dan melewati lawan ke bagian belakang lawan.

Jika ada lob untuk menyerang, juga ada lob untuk bertahan. Lob untuk bertahan bertujuan untuk mempertahankan serangan dari lawan. Untuk memukul kok bulu tangkis pada pukulan harus dilambungkan tinggi dan jauh sampai bafgian belakang lawan.

Pukulan Drive

Pukulan drive dalam bulu tangkis adalah untuk memberikan tekanan kepada lawan agar lawan tidak memiliki kesempatan untuk melakukan penyerangan. Pukulan ini dilakukan ketika kok datang mendatar.  Pukulan ini bisa mempercepat permainan dengan memukul kok dengan rendah atau hampir sejajar dengan net.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"