Begini Cara Memilih Raket Bulu Tangkis Sesuai Kebutuhan

Begini Cara Memilih Raket Bulu Tangkis Sesuai Kebutuhan

Raket bulu tangkis adalah peralatan wajib yang harus dimiliki seseorang yang akan berolahraga bulu tangkis. Memang raket bulu tangkis mudah didapatkan dengan membeli secara online atau offline. Tapi tidak semua orang bisa memilih raket bulu tangkis yang sesuai dengan kebutuhan. Memang bagaimana cara memilih raket bulu tangkis?

Cek Berat Raket

Jangan sekali-sekali menggunakan raket yang memiliki berat cukup besar. Pilihlah raket yang ringan karena bisa digunakan dengan maksimal saat berolahraga bulu tangkis. Penggunaan raket yang ringan bisa menghindari cedera bahu dan pergelangan tangan seperti terkilir. 

Jenis Kepala Raket

Raket bulu tangkis memiliki beberapa jenis kepala raket. Masing-masing antara lain raket dengan head heavy, head light, dan even balanced. Raket dengan head heavy bakal membantu saat melakukan pukulan servis dan smash yang keras dan akurat ke arah lawan. Karena kepala raket ini berat memang membuat ayunan menjadi lambat.

Sementara jenis raket head light atau ringan membuat pemain bisa menangkis pukulan dari lawan dengan cepat dan tepat. Ayunan saat melakukan pukulan smash juga bakal lebih cepat karena jenis kepala raket ringan. Dan, jenis raket even balanced adalah kepala raket yang bisa dipakai untuk menyerang lawan dan menangkis pukulan lawan.

Cara Memilih Raket Bulu Tangkis (IDN Times)

Bentuk Kepala Raket

Saat memiliki raket bulu tangkis tidak hanya memperhatikan jenis kepala raket saja tetapi memperhatikan tentang bentuk kepala raket. Sebab kepala raket terdiri atas dua jenis yakni isometrik dan konvensional. Bentuk kepala raket isometrik berbentuk kotak pada bagian atas sementara konvensional berbentuk oval atau lonjong.

Batang Raket

Setelah memilih raket bulu tangkis berdasarkan berat dan kepala raket yang juga diperhatikan adalah soal batang raket. Batang raket tentu bisa mempengaruhi permainan apabila menggunakan raket bulu tangkis yang tidak sesuai. Batang raket terdiri atas stiff, medium dan flexible.

Untuk batang raket jenis stiff atau kaku cocok digunakan untuk pemain yang memiliki tipe menyerang karena memakai pukulan yang kuat dan teknik ayunan cepat. Batang raket medium cocok dan ideal untuk pemain yang memiliki kecepatan lengan yang lebih rendah. Dan batang raket flexible adalah batang raket paling digemari pebulu tangkis pemula dikarenakan memudahkan teknik ayunan yang lambat dan belum bisa menangkis pukulan lawan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"