Perseteruan 9 Suporter Klub Sepak Bola di Indonesia yang Melegenda

Perseteruan 9 Suporter Klub Sepak Bola di Indonesia yang Melegenda

Tensi tinggi pertandingan sepak bola di Indonesia memicu perseteruan suporter klub-klub sepak bola. Saking berseteru puluhan tahun, polisi akan mengamankan pertandingan dua klub yang berseteru untuk menghindari bentrok antar suporter. Lalu mana saja kelompok suporter yang pernah saling bermusuhan?

The Jak Mania VS Viking

The Jak Mania adalah pendukung Persija Jakarta dan Viking suporter Persib Bandung. Kedua suporter ini mulai berseteru sejak tahun 1990-an. Saat Persija bertanding ke Bandung, The Jak Mania dilarang untuk menonton di stadion langsung, begitu juga sebaliknya saat Persib bertandang ke Jakarta.

Perseteruan dua kelompok suporter ini memang paling panas di Indonesia. Bahkan sampai ada korban yang meninggal dunia. Misalnya salah satu suporter The Jak Mania yang dikeroyok oknum Viking saat menonton langsung pertandingan Persija lawan Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat Bandung.

Suporter Klub Sepak Bola Indonesia (Tribun)

Aremania VS Bonek

Suporter Aremania adalah pendukung Arema FC sementara Bonek identik dengan Persebaya. Meskipun sama-sama klub Jawa Timur, pertandingan Arema FC lawan Persebaya selalu memanas. Puncaknya terjadi pada 1 Oktober 2022 lalu dimana tragedi yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan.

Kala itu Arema FC melawan Persebaya. Derby Jawa Timur tersebut berakhir dengan kerusuhan suporter yang masuk ke lapangan setelah Arema FC sebagai tuan rumah dikalahkan Persebaya. Pemain Persebaya pun harus naik kendaraan polisi saat datang dan pergi dari stadion agar mendapat keamanan ekstra.

Laskar Benteng Viola VS Benteng Mania

Kedua suporter ini berasal dari Tangerang. Yang satu pendukung Persita Tangerang (Laskar Benteng Viola) dan satu lagi Persikota Tangerang (Benteng Mania). Kedua kelompok ini sering saling serang kala Persita melawan Persikota beberapa tahun silam. Kondisi itu membuat kota Tangerang menjadi tidak kondusif.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"