Pencak Silat Gak Sendiri, Berikut Olahraga Bela Diri Asli Indonesia

Pencak Silat Gak Sendiri, Berikut Olahraga Bela Diri Asli Indonesia

Pencak silat merupakan olahraga bela diri asli Indonesia yang sudah mendunia. Olahraga pencak silat sudah dipertandingkan di beberapa kejuaraan dan perhelatan olahraga tingkat nasional dan internasional seperti ASIAN Games. Ternyata selain pencak silat, ada beberapa bela diri asli Indonesia loh. Bela diri apa saja ya?

Bakti Negara

Bakti Negara berasal dari Bali. Bela diri ini memiliki kemiripan dengan pencak silat. Bela diri bakti negara mengacu pada ajaran agama Hindu Dharma masyarakat Bali yakni Tri Hita Karana. Bakti Negara muncul pada 31 Januari 1955 setelah kedatangan kembali tentara Belanda yang ingin menjajah Indonesia di Bali.

Tokoh pendiri Bakti Negara terdapat beberapa orang yang juga mantan pejuang kemerdekaan. Mereka adalah Anak Agung Tokir, I Bagus Made Rai Keplag, Anak Agung Meranggi, Sri Empu Dwi Tantra, dan Ida Bagus Oka Dewangkara.

Bela Diri Asli Indonesia

Silek Minangkabau

Dari namanya saja jelas jika bela diri asli Indonesia ini berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat, Bela diri ini muncul sejak lama di Minangkabau. Silek Minangkabau muncul setelah penduduk lokal ingin merantau ke daerah lain dan harus memiliki seni bela diri. Silek memiliki artis yakni gerakan seni pertempuran yang digunakan untuk mempertahankan diri dari serangan musuh.

Gerakan dalam bela diri ini untuk mempertahankan diri dari serangan musuh sehingga gerakan dilakukan dengan cepat, tepat, dan bisa melumpuhkan lawan. Silek Minangkabau ini memiliki ilmu yang diwariskan dari orang tua ke anak-anak muda. Orang yang memiliki ilmu silek Minangkabau juga punya kesabaran tingkat tinggi.

Tarung Derajat

Tarung Derajat berasal dari Jawa Barat, tepatnya di Bandung. Tarung derajat populer di Bandung pada tahun 1960-an. Tarung derajat juga menjadi olahraga resmi yang dipertandingkan pada SEA Games 2013 lalu. Seni bela diri ini didirikan oleh pria bernama Achmad Derajat. Nama Tarung derajat diambil dari nama si pendirinya. 

Yang bikin bangga adalah bela diri ini juga masuk dalam pelatihan anggota TNI Angkatan Darat. Tarung derajat memiliki ciri khas dengan penyerangan agresif dengan memukul sembari menendang. Tarung derajat juga punya teknik bantingan dan kuncian yang berbeda dengan bela diri lainnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"